KAJIAN SEMIOTIKPOSTER “BALI TOLAK REKLAMASI” KARYA ALIT AMBARA
Abstract
Penelitian terhadap poster Bali Tolak Reklamasi karya Alit Ambara bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan simbol-simbol visual guna memperoleh makna yang terdapat dalam poster-poster tersebut. Data-data berupa elemen-elemen dalam poster seperti ilustrasi,warna, dan teks. Data dihimpun melalui pengumpulan dokumen. Data dianalisis menggunakan semiotika teori Charles Sanders Pierce yakni ikon,indeks, dan simbol.
Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Terdapat ikon berupa gambar pulau Bali, wajah orang, tanah, backhoe, perempuan penari Bali, gelombang laut, palu, penari Bali pria, topeng, penari keris, gitaris, dan masyarakat yang berkumpul. (2) Terdapat indeks berupa gambar backhoe, palu, dan logo ForBALI. (3) Terdapat simbol berupa pulau Bali sebagai penggambaran daerah di pulau Bali, backhoe sebagai penggambaran pengerukan reklamasi, penari Bali sebagai penggambaran perairan Bali, palu sebagai penggambaran perlawanan/penghancuran, topeng Calon Arang sebagai penggambaran hal yang memyeramkan dan tidak baik, penari keris,gitaris dan masyarakat sebagai penggambaran orang-orang yang bersatu melawan dan menolak reklamasi.
Kata Kunci: Semiotika, Ikon, Indeks, Simbol, Pierce, Alit Ambara, Bali Tolak Reklamsi, Poster.
Full Text:
PDFReferences
Berger, Arthur Asa. 1987. Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Terjemahan oleh M Dwi Marianto. Yogyakarta: Tiara Wacana. 2010.
Budiman, Kris. 2011. Semiotika Visual: Konsep, Isu dan Problematika Ikonisitas. Yogyakarta: Jalasutra.
De Sausure, Ferdinand. 1966. A Course in General Linguistics. Newyork: McGraw Hill
Eco, Umberto. 2009. Teori Semiotika. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Hollis, Richard. 1994. Graphic Design – A Concise History. London: Themes and Hudson.
Kumpulan Soal-Jawab Teori SIM Polda Metrojaya, Buku Penuntun, Cetakan v.1990
Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset.
Marianto, M Dwi. 2015. Art & Levitation: Seni dalam Cakrawala Quantum. Yogyakarta: Pohon Cahaya.
Pujiriyanto, 2005. Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: Andi Offset.
Jowett, Garth S. and Victoria O’Donnell. 2006. Proraganda and Persuation.
America: SAGE Publications.
Susanto, Mikke. 2011. Diksi Rupa. Yogyakarta: Dicti Art Laboratory.
Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra. Toekio, Soegeng M. 2007. Bahasa Rupa dalam Pariwara Poster. Jawa Barat: Kelir.
Totok. Djuroto. 2002. Manajemen Penerbitan Pers. Bandung: Rosdakarya.
Media Cetak
Majalah Affandi, 1907 – 1990. Maestro Seni Lukis Indonesia. Majalah Seni Rupa Visual Art, Februari 2007. Sejarah Poster.
Tribun Bali, 9 januari 2016. “Lihat Ini! Alit Ambara Melawan Lewat Poster”.
Internet
https://balebengong.id/sosok/alit-ambara-menggerakkan-lewat-seni- poster.html?lang=id (Diunduh 13 Maret 2018)
https://www.aspireauctions.com/#!/catalog/338/1711/lot/71485 (Diunduh 15
Maret 2018)
http://worldwartwo.filminspector.com/2016/08/japanese-propaganda-posters.html
(Diunduh 15 Maret 2018)
https://www.forbali.org/id/ (Diunduh 15 Maret 2018)
https://www.en.oxforddictionaries.com/definition/poster/ (Diunduh 15 Maret
https://kbbi.kemendikbud.go.id/entri/poster/ (Diunduh 15 Maret 2018)
DOI: https://doi.org/10.24821/jocia.v5i1.2522
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN 2442-3394 (media cetak) || ISSN 2442-3637 (media online)