Author Guidelines
Pedoman penulisan artikel adalah sebagai berikut:
OrisinalitasArtikel belum pernah diterbitkan dalam media cetak atau online.
Artikel tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan pada media lain.
Artikel bukan merupakan hasil plagiat karya ilmiah lain, baik sebagian maupun keseluruhan.
Jenis Artikel
- Artikel penelitian.
- Artikel penciptaan karya seni.
BahasaBahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Artikel berbahasa Indonesia mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
Bentuk
Panjang artikel keseluruhan (termasuk gambar dan kepustakaan) antara 6-12 halaman A4 dengan margin 3,5 cm.
Semua jenis font yang digunakan adalah Cambria.
Ukuran font: judul 14 poin; nama-(nama) penulis, abstrak, dan kata kunci 11 poin; pendahuluan, pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih, dan kepustakaan 12 poin.
Spasi: judul, nama-(nama) penulis, abstrak, dan kata kunci 1 spasi; pendahuluan, pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih, dan kepustakaan 1,5 spasi).
Pembagian
Penomoran peringkat bagian adalah: A., 1., a., i., dan ditulis tebal (bold).
Semua penomoran ditulis rata kiri.
Awal paragraf menjorok ke dalam.
GambarGambar adalah bagian dari tulisan, bukan lampiran.
Gambar diberi legenda (caption).
Jika menimbulkan kerancuan, gambar dapat diberi panah penunjuk.
Gambar diberi angka Arab, contoh: Gambar 1., Gambar 2., dst.
Gambar yang berasal dari internet harus berasal dari website resmi sesuai dengan pedoman penulisan ilmiah.
Gambar yang berasal dari penulis tidak diberi sumber.
Gambar yang tidak berasal dari penulis diberi sumber, contoh:
Dari fotografer : (Foto: Aming Prayitno, 2015)
Dari olahan orang lain : (Dibuat oleh: Aming Prayitno 2015)
Dari dokumentasi orang lain : (Dokumentasi: Aming Prayitno, 2015)
Dari buku 1 penulis : (Carroll, 1999: 55)
Dari buku 2 penulis : (Bychkov dan Sheppard, 2010: 55)
Dari buku 3 penulis : (Davies, Stephen dkk., 2009: 55)
Dari web : (www.indonesia.go.id, 3/2/2015)
- Tabel
Tabel adalah bagian dari tulisan, bukan lampiran.
Tabel dibuat dengan garis horizontal, tanpa garis vertikal sebagai pemisah kolom.
Tabel diberi legenda (caption).
Tabel diberi angka Arab, contoh: Tabel 1., Tabel 2., dst.
Tabel yang berasal dari penulis tidak diberi sumber.
Tabel yang tidak berasal dari penulis diberi sumber, contoh:
Dari olahan orang lain : (Dibuat oleh: Aming Prayitno 2015)
Dari buku 1 penulis : (Carroll, 1999: 55)
Dari buku 2 penulis : (Bychkov dan Sheppard, 2010: 55)
Dari buku 3 penulis : (Davies, Stephen dkk., 2009: 55)
Dari web : (www.indonesia.go.id, 3/2/2015)
Pengutipan sumberUntuk memudahkan pengelolaan referensi dan memastikan konsistensi format pengutipan bodynote serta kepustakaan, penulis sangat disarankan menggunakan sitasi manajer seperti Mendeley, Zotero, atau EndNote. JOCIA menggunakan format pengutipan spesifik yang bisa dikonfigurasi dalam sitasi manajer tersebut."
Pengutipan menggunakan catatan perut (bodynote).
Informasi pengutipan meliputi nama belakang penulis, tahun, dan halaman.
Contoh catatan perut:
Dari buku 1 penulis : (Carroll, 1999: 55)
Dari buku 2 penulis : (Bychkov dan Sheppard, 2010: 55)
Dari buku 3 penulis : (Davies dkk., 2009: 55)
Untuk nama penulis yang tidak disebut dalam kalimat:
Semiotika adalah studi tentang tanda dan cara kerja tanda (Fiske, 2011: 60).
Untuk nama penulis yang disebut dalam kalimat:
Menurut Newall (2011: 1-2), picture adalah suatu jenis representasi,
Untuk penulis yang diacu oleh penulis lain:
Alexander Gottlieb Baumgarten adalah filsuf yang pertama kali menggunakan istilah aesthetica dalam tulisan (Peter, 2010: 9).
KepustakaanDisusun dengan pembagian: 1. Jurnal; 2. Buku dan Sumber Cetak Lain; 3. Laman; 4. Informan.
Tiap bagian disusun secara alfabetis.
Urutan adalah: nama penulis, tahun terbit, judul, nama penerjemah (untuk karya terjemahan), tempat, dan nama penerbit.
Jika terdapat lebih dari satu nama penulis, maka seluruh nama penulis ditulis, tidak disingkat dkk. atau et al.
Contoh kepustakaan:
- Jurnal
Martin, Jean-Hubert. 2014. “Eye for an Eye, Image for an Image: Hassan Musa in Conversation with Jean-Hubert Martin” dalam Nka Journal of Contemporary African Art, Vol. 2014, No. 35, Fall 2014: 92-99.
Huber, Jörg; Kong, Eva Lüdi. 2014. “Care of the Self” dalam Journal of Contemporary Chinese Art, Vol. 1, No. 1, 1 Maret 2014: 97-114.
- Buku
Thomson, Iain D. 2011. Heidegger, Art, and Postmodernity. Cambridge: Cambridge University Press.
Bonham-Carter, Charlotte; Hodge, David. 2011. The Contemporary Art Book. London: Goodman Books.
- Buku Terjemah
Eaton, Marcia Muelder. 2010. Persoalan-persoalan Dasar Estetika, terj. Embun Kenyowati Ekosiwi. Jakarta: Salemba Humanika.
- Bunga Rampai
Dutto, Denis. 2005. “Aesthetic Universal”, dalam Gault, Berys dan Lopes, Dominic Mclver (ed.). The Routledge Companian to Aesthetics. London dan New York: Routledge.
Sepp, Hans Rainer dan Embree, Lester (ed.). 2010. Handbook of Phenomenological Aesthetics. London dan New York: Springer.
- Makalah, Prosiding, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian
Afatara, Narsen. 2011. “Abstraksi Biomorfis sebagai Ekspresi Estetis”. [Disertasi]. Yogyakarta: Program Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Sunardi, St. 2014. “Mencari Masa Depan Pendidikan Seni untuk Seniman Pecinta Pengetahuan”. [Prosiding Seminar Akademik Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta 2012, Mengingat Seni Membaca Pengetahuan]. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
- Laman
Vickers, Adrian, “What is Contemporary Indonesian Art?”. 2013. http://www.insideindonesia.org/feature-editions/what-is-contemporary-indonesian-art-3. (Diakses pada Rabu, 4 Februari 2015, pukul 17:14).
- Informan
Entang Wiharso (48 tahun). Perupa kontemporer Yogyakarta Indonesia.
A. Ketentuan Khusus
Sistematika Artikel Penelitian
- Judul dan/atau subjudul (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris; masing-masing maksimum 15 kata; menggunakan huruf kapital).
- Nama(-nama) penulis (tanpa gelar akademik; disertai nama institusi, alamat institusi, nomer telepon, dan e-mail pribadi).
- Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris; satu paragraf; maksimum 200 kata; memuat: tujuan penelitian, metode, dan hasil).
- Kata kunci (3 – 5 kata)
- Pendahuluan (memuat: latar belakang, rumusan masalah, tujuan, teori, dan metode)
- Pembahasan (dapat terdiri dari beberapa bagian).
- Simpulan.
- Kepustakaan (diutamakan dari sumber jurnal terbaru, 10 tahun terakhir).
Sistematika Artikel Penciptaan Karya Seni
- Judul dan/atau subjudul (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris; masing-masing maksimum 15 kata; menggunakan huruf kapital).
- Nama(-nama) penulis (tanpa gelar akademik; disertai nama institusi, alamat institusi, nomer telepon, dan e-mail pribadi).
- Abstrak (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris; satu paragraf; maksimum 200 kata; memuat: tujuan penciptaan, konsep, dan proses penciptaan).
- Kata kunci (3 – 5 kata)
- Pendahuluan (memuat: latar belakang, rumusan penciptaan, dan tujuan)
- Konsep Penciptaan (memuat: 1. Gagasan yang disampaikan dalam karya; 2. Cara perwujudan gagasan dalam visual).
- Proses Penciptaan (memuat: 1. Prapenciptaan, tentang penggunaan visual acuan baik berupa karya seni atau bukan karya seni; 2. Penciptaan, tentang bahan, alat, teknik, dan langkah pembuatan karya seni; 3. Pascapenciptaan, memuat cara presentasi karya).
- Simpulan
- Kepustakaan (diutamakan dari sumber jurnal terbaru, 10 tahun terakhir).
B. Cara pengiriman artikel
Artikel dikirim dalam format file digital (word) menggunakan template artikel penciptaan atau template artikel penelitian yang sudah ditentukan. Pengiriman artikel melalui email dikirim melalui e jurnal Jocia http://journal.isi.ac.id/index.php/jcia/index dengan mendaftar sebagai author
Dewan Penyunting Journal of Contemporary Indonesian Art
Jurusan Seni Murni, Fakultas Seni Rupa, ISI Yogyakarta
Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Yogyakarta
Telp. (0274) 381590
CP.: Nadiyah Tunnikmah 089518705047
Email: jociart@gmail.com