Fleksibilitas dan Improvisasi dalam Struktur Cak-ing Pakeliran Lakon Kalimasada Versi Ki Timbul Hadiprayitno
Abstract
This paper aims to track cak-ing pakeliran of the Ki Timbul Hadiprayitno version of Lakon Kalimasada. The tracking was used to see Ki Timbul Hadiprayitno’s openness towards today’s development of cak-ing pakeliran. In other words, this paper aims to trace the flexibility of Ki Timbul Hadiprayitno’s attitude as a puppeteer who was in jaman kelakoné. The concept of cak-ing pakeliran Mudjanattistomo et al. (1977) used as a theoretical basis. From the results of the analysis of the cak-ing pakeliran in the Lakon Kalimasada, it was found that the conclusion of Ki Timbul Hadiprayitno gave its own color in the pack of Yogyakarta style pakeliran. He followed the development of the era without damaging the existing cak-ing rules of the Yogyakarta style Pakeliran. It can be said of Ki Timbul Hadiprayitno, who was known as the mastermind who firmly maintained the Yogyakarta style puppetry, it turned out that in his career development was open to changes and developments.
Tulisan ini bertujuan melacak cak-ing pakeliran Lakon Kalimasada versi Ki Timbul Hadiprayitno. Pelacakan tersebut digunakan untuk melihat keterbukaan Ki Timbul Hadiprayitno terhadap perkembangan cak-ing pakeliran jaman ini. Dengan kata lain tulisan ini bertujuan melacak kelenturan sikap Ki Timbul Hadiprayitno sebagai seorang dalang yang anut jaman kelakoné. Konsep struktur cak-ing pakeliran Mudjanattistomo dkk. (1977) digunakan sebagai landasan teori. Dari hasil analisis terhadap cak-ing pakeliran Lakon Kalimasada didapatkan kesimpulan Ki Timbul Hadiprayitno memberikan warna tersendiri dalam kemasan pakeliran gaya Yogyakarta. Ia mengikuti perkembangan jaman tanpa merusak kaidah caking pakeliran gaya Yogyakarta yang sudah ada. Dapat dikatakan Ki Timbul Hadiprayitno, yang dikenal sebagai dalang yang teguh mempertahankan pedalangan gaya Yogyakarta, ternyata dalam perkembangan kariernya terbuka terhadap perubahan dan perkembangan
jaman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
a. Acuan
Kasidi. 2000. “Pengembangan Struktur Pergelaran Wayang Gaya Yogyakarta Masa Kini. IDEA Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan, Edisi 1 no.7: 75-85. Yogyakarta: Tarawang Press.
______. 2009. Suluk Wayang Kulit Purwa Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Bagaskara. Mudjanattistomo, dkk. 1977. Pedhalangan Ngayogyakarta Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Habirandha Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Nojowirongko, M. Ng.1954. Serat Tuntunan Padalangan Djilid I. Ngajogjakarta: Tjabang Bagian Bahasa Ngajogjakarta Djawatan
Kebudajaan, Kementrian P. P. dan K.
Tim Penulis Sena Wangi. 1999. Ensiklopedi Wayang Indonesia, Jilid III. Jakarta: Penerbit Sena Wangi.
__________________. 2016. Filsafat Wayang Sistematis. Jakarta: Penerbit Sena Wangi.
b. Audio-Visual
Hadiprayitno, Timbul. tt. Lakon Kalimasada. (Rekaman Audio MP3)
Hadiprayitno, Timbul . tt. Lakon Wahyu Imandaya Nutuh. (Rekaman Audio MP3)
Hadiprayitno, Timbul. tt. Lakon Kuncaramanik. (Rekaman Audio MP3)
Hadiprayitno, Timbul. tt. Lakon Setya Wening. (Rekaman Audio MP3)
Hadiprayitno, Timbul.tt. Lakon Sembadra Ratu. (Rekaman Audio MP3)
c. Narasumber
Ki Kasidi Hadiprayitno. Umur: 59 tahun. Pekerjaan: Dosen Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta sekaligus seniman dalang. Alamat: Patalan, Bantul, Yogyakarta.
Ki Cermagupita (Basiroen Hadisoemarto Alm.). Umur: 93 tahun. Pekerjaan: Seniman dalang Yogyakarta sekaligus mantan Tenaga Pengajar Luar Biasa Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta. Alamat: Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.
Ki Margiyana. Umur: 62 tahun. Pekerjaan: Seniman dalang sekaligus Tenaga Pengajar Luar Biasa Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta.
Alamat: Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Ki Udreka. Umur: 50 tahun. Pekerjaan: Dosen Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta sekaligus seniman dalang. Alamat: Imogiri,
Bantul, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24821/wayang.v3i2.3149
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2356-4776 (print) | ISSN 2356-4784(online).