SEMIOTIKA FOTOGRAFI PADA KARYA DALAM AKUN INSTAGRAM GURU ESDEH
Abstract
Dalam berkomunikasi manusia menggunakan berbagai macam bentuk komunikasi yang ada, mulai dari gerakan, tulisan maupun perkataan. Untuk mempermudahkan manusia berkomunikasi maka terciptalah komunikasi dalam bentuk visual yang diproleh dengan fotografi dimana komunikasi ini dilakukan dengan melihat sebuah objek gambar atau foto dan yang melihat langsung bisa mendapatkan atau mengetahui makna yang ada pada objek tersebut. Dalam mencari sebuah makna atau pesan, pasti manusia akan mencari sebuah tanda yang sangat familiar dengan hidupnya agar dapat diketahui dengan mudah maksud dari objek tersebut. Teori semiotika Roland Barthnes adalah salah satu teori yang mempelajari tentang tanda, yang mana di dalam teori ini, kita jadi dapat lebih mengetahui mengenai makna dari sebuah gambar yang kita lihat. Pada sekarang ini media sosial bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kehidupan kita, karena diantara kita pasti mempunyai salah satu dari media sosial tersebut. Instagram salah satu media sosial yang sangat digandrungi pada saat ini, karena dengan aplikasi instagram kita dapat membagikan dengan mudah foto ataupun video yang ingin kita sebarluaskan dengan maksud yang sadar. foto yang disebarkan ini tentunya memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada yang melihatnya.
In communicating, humans use various forms of communication, ranging from movement, writing and speech. To make it easier for humans to communicate, communication is created in visual form which is obtained by photography where this communication is done by looking at an image or photo object and those who see directly can get or know the meaning that is in the object. In searching for a meaning or message, surely humans will look for a sign that is very familiar with their life so that they can easily know the meaning of the object. Roland Barthnes’ semiotic theory is one of the theories that studies signs, which in this theory, we can know more about the meaning of an image that we see. At this time social media is no longer a stranger to our lives, because some of us must have one of these social media. Instagram is one of the most loved social media at this time, because with the Instagram application we can easily share photos or videos that we want to share with a conscious intention. This photo that is distributed certainly has a message to be conveyed to the viewer.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sari, M.P., Hidayatulloh, A.R. (2020). “Pengenalan Kebudayaan Indonesia Melalui Fotografi Pada Akun Instagram KWODOKIJO.” Jurnal Pendidikan Multimedia, Vol. 2, No. 2, hlm.111–120.
Faturrohman, M., Sari, M.P. (2021). “Seni Fotografi Sebagai Ekspresi Baru Budaya.” Jurnal Specta Journal Of Photography, Arts and Media, Vol. 5, No. 2, hlm. 144-150.
Widiatmojo, R. (2017). “Analisis Semiotik Kebun Binatang Dalam Photobook Berjudul Wildtopia.” Jurnal Sospol, Vol 2 No. 2, hlm. 1-20.
Solihin, M., Rambe, W.P., Umam, K. (2021). “Representasi Dampak Ekonomi Pandemi Covid-19 Dalam Foto Jurnalistik Di Instagram @republikafoto, Kajian Analisis Semiotika Fotografi.” JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, Vol. 5, No. 1, hlm. 40-59.
Soputan, V., Londa, J.W., Runtuwene, A. (2021). “Analisis Semiotika Fotografi Human Interest Pada Pameran Foto Karya Mahasiswa Fispol Unsrat Di Jurusan Ilmu Komunikasi.” Jurnal Acta Diurna Komunikasi, Vol. 3, No. 03, hlm. 1-13.
Alberd, A. (2014). “Citra Positif Dalam Fotografi.” Jurnal Desain, Vol. 1, No. 03, hlm. 163-218.
Surahman, S. (2018). “Objektivikasi Perempuan Tua Dalam Fotografi Jurnalistik Analisis Semiotika Pada Foto-foto Pameran Jalan Menuju Media Kreatif #8.” Jurnal Rekam, Vol. 14 No. 1, hlm. 41-53.
Perdana, S. (2021). “Analisis Semiotika Foto Jurnalistik Debat Calon Presiden 2019 di Surat Kabar Kompas dan Waspada.” Persepsi: Communication Journal, Vol .4 No. 2, hlm. 208-220.
Sari, M.P., Nisa, R.L., Apriliani, L. (2020). “Analisis Semiotika pada Billboard Campaign A Mild Nanti Lo Juga Paham.” Jurnal Pendidikan Multimedia, Vol. 2, No. 1, hlm.19-27.
Oktariana, Y., Abdullah, Y. 2017. Komunikasi Dalam Perspektif Teori dan Praktik. Sleman: Penerbit Deepublish.
Hoed, Benny. 2014. Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu
Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media. Remaja Rosdakarya Offset.
Asri, Mauliana. (2019). “Analisis Semiotika Street Photography Pada Akun Instagram Komunitas Kulukilir Palembang”. (Skripsi). Palembang, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Oceani, D.N. (2018). “Analisis Semiotika Foto Pada Buku Tanah Yang Hilang Karya Mamuk Ismuntoro”. (Skripsi).Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sari, C.M. (2018). “Representasi Gaya Hidup Urban Hijabers Dalam Akun Instagram @agniapunjabi, Analisis Semiotik Foto Pada Akun Instagram @agniapunjabi.” (Skripsi).Malang, Universitas Muhammadiyah Malang.
Sandang, G.F.V. (2015). “Analisis Semiotik Koleksi Foto Jurnalistik Dalam Artikel 2014: The Year In Photos.” (Skripsi).Manado, Universitas Sam Ratulangi.
Iqbal, M. (2015). “Kajian Semiotika Karya Muhary Wahyu Nurba”. (Skripsi).Makassar, Universitas Negeri Makassar.
Ramdani, A.H. (2016). “Analisis Semiotika Foto Bencana Kabut Asap, Analisis Semiotika Roland Barthes pada Foto Cover Headline di Harian Umum Republika edisi 8 Oktober 2015”. (Skripsi).Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.
Hidayat, M.W. (2014). “Analisis Semiotika Foto Pada Buku Jakarta Estetika Banal Karya Erik Prasetya’. (Skripsi).Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v6i2.7232
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.