PENCIPTAAN FOTOGRAFI DOKUMENTER TATO PEREMPUAN GENERASI TERAKHIR SUKU DAYAK KENYAH
Abstract
Penciptaan fotografi documenter adalah upaya untuk merekam suatu kebudayaan yang telah ditinggalkan dengan data yang didapat dari sudut pandang pemilik kebudayaan. Membwa pertanyaan tentang kebudyaan tato, perjalanan dilakukan di berbagai wilayah suku Dayak Kenyah di Kalimantan Timur, mengenali gejala perubahan pada masyarakatnya , dan membagikan hasil data visual maupun catatan pada masyarakat yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah etnofotografi dengan pendekatan observaasi partisipan. Struktur penyusunan narasi visual dari tato pereempuan generasi terakhir di suku Dayak Kenyah terbagi menajadi tiga bagian. Pertama, tato dan strata sosial dimana terdapat tiga strata sosial, yakni 1) Paren, 2). Panyen, 3) Lawen. Kedua, motif tato perempuan suku Dayak Kenyah. dengan menghadirkan sudut pandang sejarah dari kebudayaan tato , diharapkan dalam menjadi bagian dari catatan ilmu pengetahuan atas kebudayaan Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
KEPUSTAKAAN
Anderson, Benedict. 2001. Violence and the State in Suharto’s Indonesia. New York: Cornell University, SEAP Publications.
Billa, Marthin. 2006. Alam Lestari Dan Kearifan Budaya Dayak Kenyah. Jakarta: Jakarta.
Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. edited by Penj. Drs. Yosal Irianta. Jakarta: Jalasutra.
Holy, Frank. .. 1986. The Visual Approach. N.J: Prentice-Hall.
Lontaan, J. U. 1974. Sejarah, Hukum Adat Dan Adat Istiadat Kalimantan Barat. Kalimantan Barat: Pemda TK I.
Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Olong, Hatib Abdul Kadir. 2006. Tato. Yogyakarta: LKiS.
Peres, Michael R. 2017. The Focal Encyclopedia of Photography 4th Ed. London: Routledge.
Soedjono, Soeprapto. 2006. Pot-Pourri Fotografi. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Spradley, James P. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.
Tedlock, Barbara. 1991. “Journal of Anthropological Research.” Journal of Anthropological Research Vol. 47, N(Retrieved from Jstor. https://www.jstor.org/stable/i286652).
Warner, Mary Marien. 2006. Photography: A Cultural History. London: Laurece King Publishing.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v4i1.4034
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.