FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA MONITORING URBAN FARMING BERBASIS PENDOKUMENTASIAN DAN PARTISIPASI ANAK DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN RAMAH ANAK DI WILAYAH PEGIRIAN SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini membahas permasalahan tentang monitoring urban farming yang dilakukan oleh anak dengan menggunakan media pembelajaran fotografi sebagai pendokumentasian lingkungan tempat tinggal anak di wilayah pegirian Surabaya. Persoalan yang diangkat membahas bagaimana peran media fotografi digunakan sebagai monitoring urban farming di wilayah pegirian Surabaya serta dampak monitoring keluarga dan anak dengan partisipasi anak dalam menciptakan lingkungan ramah anak di wilayah pegirian Surabaya. Metode yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, serta tahap penarikan kesimpulan dengan penelitian kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari monitoring urban farming berbasis pendokumentasian dan partisipasi anak dalam menciptakan lingkungan ramah anak di wilayah Pegirian Surabaya dengan menggunakan media fotografi dapat dijadikan sebagai acuan untuk mendokumentasikan perubahan lingkungan yang terjadi, fotografi dapat digunakan sebagai alat agar anak dan masyarakat bisa berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan ramah anak, dan dampaknya bagi keluarga yang diberikan tanaman urban farming mengalami perubahan perilaku menjadi lebih baik dalam merawat tanaman dan menjaga lingkungan serta hubungan antar anggota keluarga dan antar warga menjadi lebih erat.
Kata kunci: monitoring, urban farming, fotografi, partisipasi anak
Abstract
Photography as Monitoring Media on The Urban Farming Based on Documentation and Child Participation in Creating Children Friendly Environment in Pegirian Surabaya. This study discusses the problem of urban farming monitoring conducted by children by using photography learning media as a documentation of the environment where children live in the Surabaya area. The issues addressed discuss how the role of photography media is used as urban farming monitoring in Surabaya area and the impact of family and child monitoring with the participation of children in creating child friendly environment in Surabaya area. The method used is observation and interview. Data analysis activities started from the data collection stage, the reduction phase, the data presentation stage, and the conclusion with qualitative research. It can be concluded that the results of urban farming monitoring based on documentation and participation of children in creating child friendly environment in Pegirian area Surabaya by using photography media can be used as a reference to document the environmental change that happened, photography can be used as a tool so that children and society can participate in the activity child-friendly environment, and its impact on the family given the urban farming crop experienced better behavioral changes in caring for plants and maintaining the environment and relationships between family members and between citizens became more intimate.
Keywords: monitoring, urban farming, photography, child participation
Full Text:
PDFReferences
Saebani, Beni Ahmad dan Afifuddin. (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mrazkova,Daniela. (1988). Master of Photography: A Thematic History. Chicago: Bookthrift.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Ferrance, Eileen. (2000). Action Research. Rhode Island: Brown University.
Siregar, Eveline. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Vivian, J. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v2i2.2549
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.