REPRESENTASI PHOTO OF THE YEAR WORLD PRESS PHOTO (WPP) 2005-2016

Kusrini Kusrini

Abstract


Abstrak                                                                                                            

Photo of the Year dari kontes foto World Press Photo (WPP) merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Yayasan World Press Photo.  Penghargaan tersebut untuk menghormati kreativitas fotografer dalam karya visual dan ketrampilan membuat gambar yang menangkap dan mewakili suatu peristiwa, yang di dalamnya terdapat isu besar atau penting bagi foto jurnalistik. Kajian foto ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana representasi peristiwa yang terdapat pada foto pemenang Photo of the Year World Press Photo 2005-2016. Data-data dikumpulkan dengan metode dokumen dan arsip serta literatur. Foto-foto yang dikaji dipilih melalui purposive sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian. Sarana tambahan yang digunakan untuk memilih foto adalah kial (gerak-gerik) subjek foto yang atraktif atau terdapat “aksi” yang mencolok secara visual. Dari foto terpilih, dianalisis melalui teori representasi dengan menggunakan pendekatan semiotika dari Roland Barthes tentang foto jurnalistik. Dari analisis foto dapat ditemukan jika foto-foto disajikan dengan pengolahan teknik yang kuat dan profesional sehingga kesan visual yang muncul tidak hanya dramatis, tetapi juga ironis. Foto-foto pemenang World Press Photo of the Year tersebut mampu menyajikan moment sesaat, namun menentukan (decicive moment) sehingga konstruksi peristiwa mampu menjelaskan lebih dari tampilan visualnya, juga sarat dengan konteks lingkungan fisik dan sosial.

 

Kata kunci: representasi, Photo of the Year, World Press Photo, jurnalistik

 

 

Abstract

Representation of Photo of The Year from World Press Photo (WPP) 2005-2016.Photo Of the Year from the World Press Photo (WPP) photo contest is an annual award given by the World Press Photo Foundation to honor the creativity of the photographer in the visual work and the skill in creating an image that captures and represents an event containing a big or important issue for photojournalism. This photo study was conducted to find out how the representation of events contained in the winning photo Photo of the Year World Press Photo 2005-2016. The data was collected by document and archive method along literature. Whereas the photos reviewed, be elected through purposive sampling in accordance with the objectives of the study. An additional means applied to select the photo was gesture (movement) showing an attractive photo subject or visually striking "action". The selected photographs were analyzed using theory of representation and semiotics approach from Roland Barthes about photojournalism. From photo analysis, it could be discovered that the photos were presented with a powerful and professional processing technique, so that the visual impression appearing was not only dramatic, but also ironic.  Photographs of World Press Photo Of the Year winners were able to present decicive moment, allowing construction of events explaining more of the visual appearance, also loaded with the context of social and physical environment.

 

Keywords: representation, Photo of the Year, World Press Photo, journalistic


Full Text:

PDF

References


Abdi, Yuyung. 2011. Photography From My Eyes: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Menjadi Fotografer Serba Bisa. Jakarta: PT. Elex media Komputindo.

Alwi, Audy Mirza. 2016. Foto Jurnalistik: Metode Memotret dan Mengirim Foto Ke Media Massa. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barthes, Roland. 2010. Imaji, Musik, Teks. Edited by Agustinus Terjemahan: Hartono. Bandung: Jalasutra.

Bieber, Jodi. 2010. “World Press Photo of the Year.” 2010. https://www.worldpressphoto.org/collection/photo/2011/portraits/jodi-bieber.

Burton, Graeme. 2012. Media Dan Budaya Populer. Terjemahan. Yogyakarta: Jalasutra.

Hartley, John. 2010. Communication, Cultural, & Media Studies: Konsep Kunci. Edited by Terjemahan: Kartika Wijayanti. Yogyakarta: Jalasutra.

Moriarty, Sandra & Lisa Rohe. 2005. “Cultural Palettes in Print Advertising: Formative Research Design Method.” In Handbook of Visual Communication: Theory, Methods, and Media. London: Lawrence Erlbaum Associates.

Onur, Dursun. 2014. “Bati’nin Egemen ‘Kötü-Öteki-Dogu’ Düsüncesinin Pekistirildigi Bir Alan: Dünya Basin Fotograflari Kurulusu, Yilin Fotografi Kategorisi Üzerine Bir Analiz” (A Field Reinforcing the West’s Hegemonic Idea of ‘Bad-Other-East’: An Analysis on ‘The Photo Of The .” Istanbul University Faculty of Communication Journal 2014 (II): 19–50.

Siregar, Ashadi dkk. 1998. Bagaimana Meliput dan Menulis Berita untuk Media Massa. Yogyakarta: LP3Y.

Strauss, Anslem & Juliet Corbin. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Svarajati, Tubagus P. 2013. Photagogos: Terang-Gelap Fotografi Indonesia. Semarang: Suka Buku.

Wijaya, Taufan. 2011. Fotojurnalistik dalam Dimensi Utuh. Klaten: Sahabat.

World Press Photo. "Collection". Diakses pada 4 Mei 2016. www.worldpressphoto.org.




DOI: https://doi.org/10.24821/specta.v2i1.2466

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.