REPRESENTASI PATHET PADA GENDER WANDU MELALUI SISTEM DERET KEMPYUNG DALAM PENCIPTAAN KARYA MUSIK

Teteh Dayatami

Abstract


Penelitian ini fokus dalam menentukan metode penerapan pathet pada Gender wandu, menggunakan sistem deret kempyung dalam karya musik melalui sintesis unsur pathet laras pelog, pathet laras slendro, dan pathet laras wandu direpresentasikan menjadi konsep komposisi musikal. Metode penelitian menggunakan practice-led research didasarkan pada refleksi berulang serta relevansi praktik sehingga bagian-bagian praktikal dan relasi refeksi penelitian ini terdiri dari empat poin utama: review material, sintesis unsur pathet, eksperimen, dan evaluasi. Hasil penelitian adalah seleh pathet merupakan penerapan kombinasi kempyung dan penyilangan nada yang didasarkan oleh sistem deret kempyung dengan luaran led research berupa karya musik yang berjudul ‘Pathet Gender Wandu’.

Keywords


Representasi, Practice Led Research, Deret Kempyung

References


Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde, The textures of Central Javanese gamelan music: Pre-notation and its discontents, Vol. 164, No. 4 (2008).

Candy, Linda. 2006. Practice Based Research: A Guide. Australia: University of Technologi Sydney.

Djuli Djatiprambudi, Seminar Nasional Seni dan Desain: “Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni dan Desain” FBS Unesa, 28 Oktober 2017.

Joseph, Machlis. (1995). The Enjoyment of Music: An Introduction to Perceptive listening, W. W. Norton & Company. INC, New York.

Kardi Laksono, Resital, Journal of performing art Musik, Hip-Hopsebagai Bentuk Hybrid Culturedalam Tinjauan Estetika, vol. 16 no. 2, 2015.

Martoprangrawit, Pengetahuan Karawitan Jilid I, Surakarta: STSI Press.

Nakagawa, Shin. (2000). Musik dan Kosmos: Sebuah Pengantar Etnomusikologi Yayasan Obor Indonesia.

Prier SJ, Karl Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik, Pusat Musik Liturgi, Yogyakarta.

Read, Harbert. (1993), Pengertian Seni Terj. Soedarsono Sp. Saku Dayar Sana, Yogyakarta.

Stein, Leon. (1979), Structure and Analysis of Musical Form, Summy Bichard Music, New Jersey.

Sumarsam. (2003), Gamelan, Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Supanggah, Rahayu. (2002). Bothekan Karawitan I. Jakarta: Ford Foundation & Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Supanggah, Rahayu. (2007). Bothekan Karawitan II; GARAP. Surakarta: ISI Press.

Wentle E. C., The Journal of The Acoustical Society of America, vol. VII, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.24821/sl.v15i2.3930

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats