Model Student-Centered Learning dalam Pembelajaran Musik Studi Kasus Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah

Fide Tomacho R. 0811202013

Abstract


Penelitian ini membahas model pembelajaran musik dengan studi kasus komunitas belajar Qaryah Thayyibah yang berlokasi di Salatiga. Model yang diamati adalah Student Centered Learning, atau model pembelajaran yang terpusat pada siswa. Dalam hal ini, guru, atau di komunitas tersebut disebut dengan istilah pendamping, bertindak pasif, sementara siswa berperan aktif. Model pembelajaran di Qaryah Thayyibah pada umumnya menitikberatkan peran serta aktif para siswa, yang menentukan sendiri arah belajarnya. Selama ini para siswa Qariyah Thayyibah telah meraih banyak prestasi kreatif, baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional. Pengamatan yang dilakukan dari model pembelajaran musik di Qaryah Thayyibah ini mulai dari kegiatan di kelas, kegiatan di lapangan, hingga produk-produk kreatif yang dihasilkan oleh para siswa.

 

Kata kunci : Qaryah Thayyibah, Model Pembelajaran, Musik


References


http://digilib.isi.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.981

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id