PERANCANGAN APLIKASI INTERAKTIF PENGENALAN PENYAKIT THALASEMIA MELALUI MEDIA ANDROID

Endro Kustono

Abstract


Perancangan aplikasi "Thalasemia Interaktif" ini dibuat karena sedikitnya jumlah remaja/pasangan pranikah yang mengetahui informasi tentang Thalasemia, sehingga menjadi penyebab utama penyebaran Thalasemia semakin meluas dan sulit dikendalikan. Hasil dari perancangan ini berupa aplikasi interaktif berbasis Android, yang digunakan sebagai media informasi tentang penyakit Thalasemia. Aplikasi Thalasemia Interaktif ini berisi sebuah video animasi sebagai sarana untuk mengenalkan Thalasemia dan tes interaktif sebagai sarana untuk evaluasi dan memahami Thalasemia. Tujuan dari perancangan ini adalah agar para remaja lebih mengetahui informasi Thalasemia sejak dini sebagai langkah pencegahan penurunan penyakit Thalasemia dalam keluarga.
Thalasemia merupakan penyakit yang dimana penderita harus mendapatkan tranfusi darah secara rutin setiap bulan selama seumur hidup. Jumlah penderita di Indonesia saat ini lebih dari 6.000 jiwa. Sehingga pengenalan penyakit Thalasemia sangatlah penting sebagai langkah pencegahan penyebaran penyakit Thalasemia di Indonesia.
Analisis data mengenai permasalahan Thalasemia dan metode pengumpulan data dibuat untuk menentukan tema dan media, sehingga perancangan aplikasi interaktif ini dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami oleh target audience. Perancangan aplikasi "Thalasemia Interaktif" ini bekerja sama dengan YTI (Yayasan Thalasemia Indonesia) Yogyakarta, sehingga dapat digunakan sebagai media sosialisasi dan berbagai keperluan lainnya sebagai langkah pencegahan penyebaran Thalasemia di Indonesia.

Keyword : Thalasemia, Aplikasi Interaktif, Android




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.680

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id