TANDA, KODE DAN MAKNA SLOGAN KAMPUS

Natalia Dewi Rahayu Purnaningrum S1

Abstract


Pembahasan kalimat slogan kampus menggunakan metode semiotika
komunikasi visual dimaksudkan untuk mengetahui berbagai kemungkinan makna yang
muncul, sehubungan dengan citra kampus yang bersangkutan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan populasi berupa 13 slogan tematik
universitas swasta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan terpenuhinya unsurunsur
desain komunikasi visual dalam slogan tematik yang disajikan dalam media
brosur penerimaan mahasiswa baru tahun 2012, serta terpenuhinya unsure penandapetanda
dalam desain slogan, maka terpilihlah 5 slogan tematik universitas swasta di
Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu slogan tematik Universitas Muhammadiyah
Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Universitas Kristen Duta Wacana
(UKDW), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), dan Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta (USD).
Dalam penelitian ini penulis menitikberatkan pembahasan pada hubungan
antara tanda verbal, tanda visual dan makna konotasi pada slogan. Proses analisis akan
dilakukan dengan menemukan penanda dan petanda pada slogan universitas swasta
menggunakan teori Ferdindand de Saussure serta mengidentifikasi tanda verbal dan
tanda visual dengan menggunakan teori semiotika milik Charles Sanders Peirce. Dalam
proses tersebut, teori copywriting digunakan untuk mengetahui jenis pesan secara
linguistik, sedangkan teori Desain Komunikasi Visual digunakan sebagai teori bantu
untuk memetakan elemen –elemen desain dalam slogan. Selanjutnya makna konotasi
dari tanda–tanda tersebut dibongkar dengan menggunakan teori semiotika
poststrukturalisme milik Roland Barthes. Teori Roland Barthes yang digunakan adalah
teori lima kisi – kisi kode yang dirumuskannya dalam buku S/Z.
Berdasarkan hasil analisis kelima sampel slogan tematik universitas swasta di
Daerah Istimewa Yogyakarta, dapat ditemukan bahwa tanda verbal, tanda visual, dan
makna konotasi yang terdapat pada slogan kampus hadir untuk mengakomodasi visi
misi universitas swasta di Derah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini diharapkan dapat
menambah referensi untuk pihak –pihak yang bergelut di bidang periklanan khususnya
penulisan teks iklan (copywriting), masukan bagi perguruan – perguruan tinggi yang
ingin membuat branding kampus, serta sebagai masukan bagi dunia desain komunikasi
visual dalam konteks pengkajian slogan sebagai elemen verbal dan visual dengan teori
semiotika.
Kata Kunci



DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.204

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id