PERANCANGAN BUKU KARAKTER GAME BERBASIS MAKHLUK MITOLOGI JAWA

Aulia Rachmatulloh S1

Abstract


Kita mengenal makhluk mitologi seperti Centaurus, Griffin, Troll, Golem, Elf, Werewolf, Kappa, Zombie, Vampire, makhluk-makhluk artifisial fiksi-ilmiah atau dari mitologi tanah air ada Gandarwa, Rangda, Barong, tokoh-tokoh pewayangan dan masih banyak lagi. Adalah beberapa contoh makhluk mitologi yang memiliki bentuk tubuh di luar dari biasa. Bentuk tubuh yang mempunyai karakteristik yang hanya ada dalam dunia imajinasi. Hal ini yang menjadikannya menarik untuk dijadikan referensi dalam mendisain karakter game. Menciptakan karakter dengan karakteristik yang di luar dari biasa itu akan terasa lebih sempurna apabila diimbangi dengan penguasaan anatomi tubuh. Penguasaan anatomi tubuh adalah kebutuhan penting bagi ilustrator untuk menciptakan karakter yang akan di buat. Tidak hanya untuk karakter yang real mendekati nyata, namun, penguasaan anatomi tubuh berlaku bagi pengembangannya pada karakter semi-real, kartun, manga, karikatur dan sebagainya.
Saya akan menyampaikan sedikit dari pengetahuan saya tentang mendisain karakter game. Karena di Indonesia ini referensi untuk karakter game sangat jarang dan mahal harganya. Ini hanya referensi bagi ilustrator dan 2D artis yang bergerak dalam dunia game maupun animasi dalam hal mendisain karakter. Buku ini akan menjelaskan dengan ringkas tentang anatomi tubuh, gerakan dan ekspresi, yang bisa menjadi referensi dalam mendisain sebuah karakter game.
Ada beberapa karakter dari mitos Jawa Wayang Purwa, yaitu Batara Guru, Batara Kala dan Batari Durga, yang saya jadikan contoh pada buku ini dalam mendisain sebuah karakter. Kenapa Wayang Purwa? Karena saya ingin memberi referensi dengan nuansa lokal. Lagi pula Wayang Purwa sudah menempuh jalan yang panjang. Wayang Purwa hadir dalam kehidupan religi masyarakat Jawa, Wayang Purwa hadir dalam lakon pewayangan, Wayang Purwa juga tak lupa absen dalam halaman-halaman komik pada era keemasan komik Indonesia. Kini, walaupun hanya sebagai referensi saja, saya akan mengangkat Wayang Purwa untuk dijadikan contoh dalam mendisain karakter.
Kata kunci : Karakter game, buku karakter game, Wayang Purwa.




DOI: https://doi.org/10.24821/srs.v0i0.183

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Jl. Parangtritis KM 6,5 Yogyakarta

email: lib@isi.ac.id website: http://lib.isi.ac.id