Musik Kontemporer dalam Kurikulum dan Buku Sekolah di Jerman
Abstract
Tulisan ini menyajikan tentang posisi musik kontemporer dalam kurikulum dan buku sekolah di Jerman. Hal yang dibahas adalah pemilihan materi musik kontemporer untuk setiap kelas, jenis musik kontemporer yang dibahas, serta metode didaktis yang diterapkan. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa melalui pelajaran musik kontemporer, siswa tidak hanya mempelajari hal musikal, namun juga mempelajari masalah kontekstualnya di masyarakat, termasuk di dalamnya masalah musik kontemporer dan perkembangan teknologi.
Contemporary Music in German Curriculum and Schoolbooks. This study presents the position of contemporary music in German curriculum and schoolbooks in Germany. This study discusses how to select contemporary music materials for every class, kinds of contemporary music, and how the didactic concepts are applied. This study also discusses how, through contemporary music, the students are introduced to contextual problems in society, including the issue of contemporary music and technology development.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Becker, Peter. dkk. 1984. Spielpläne 5/6. Stuttgart: Ernst Klett Verlag.
Behrendt, Wilfried dan Bernhard Streerath. 1998. Dreiklang 7/8. Berlin: Volk und Wissen Verlag.
Detterbeck, Schmidt-Oberländer, Gero. 2011. Musixx. Das Kursbuch Musik 1. Esslingen: Helbling Verlag.
Gies, Stefan. 2005. Dreiklang 9/10. Volk und Wissen: Verlag GmbH & Co.
Kemmelmeyer, Karl-Jürgen dan Rudolf Nykrin. 1997. Spielpläne 7/8. Stuttgart:: Ernst Klett Verlag.
Prinz, Ulrich; Scheytt, Albrecht. 2002. Musik um uns 2/3 Baden-Württemberg. Hannover: Schroedel Verlag.
Pütz, Werner dan Rainer Schmitt.1997. Hauptsache Musik 9/10. Stuttgart: Ernst Klett Verlag.
Sachsen, Anhalt Kultusministerium des Landes. 2003. Rahmenrichtlinien Gymnasium Musik Schuljahrgänge 5-12. Magdeburg: Schroedel Verlag
Warsana. 2012. “Tumpang Tindih: Sebuah Komposisi Musik Dalam Interpretasi Personal” dalam Resital Jurnal Seni Pertunjukan, Vol. 13 No. 1 Juni 2012.
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v15i2.851
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.