Tembang Anak Jawa Sebagai Media Pembelajaran Membaca
Abstract
Tembang Anak Jawa Sebagai Media Pembelajaran Membaca di TK Pertiwi III Sinduadi Mlati Sleman di Masa Pandemi. Alasan dilakukan penelitian ini adalah kemampuan membaca anak Indonesia di tingkat dunia rendah. Hal ini mengindikasikan cita-cita mewujudkan generasi bangsa yang dapat bersaing secara global masih jauh dari kenyataan. Penulis ingin membantu memecahkan permasalahan tersebut dengan mengoptimalkan pembelajaran membaca di jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak dengan alasan masa tersebut adalah masa usia emas mengoptimalkan kemampuan manusia, termasuk di dalamnya kemampuan membaca. Peneliti akan membuat model pembelajaran membaca anak usia dini berbasis kearifan lokal Jawa, menggunakan tembang dolanan anak.
Metode penelitian pengembangan (merancang model, menguji, dan melaporkan hasilnya) digunakan dalam penelitian ini. Rancangan model pembelajaran menggunakan tembang cara menghafal huruf, cara mengingat bentuk huruf, cara membaca huruf hidup, cara belajar mengeja dan pengayaan direkam dalam bentuk video dikirimkan ke orang tua siswa untuk dipelajari kemudian diajarkan kepada anaknya. Selain itu orang tua diminta menjawab kuesioner tentang pelaksanaan pembelajaran tersebut dan video juga diungggah dalam kanal youtube untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan tanggapan orang tua siswa sedangkan tanggapan masyarakat disampaikan melalui fasilitas yang disediakan youtube..
Hasilnya model pembelajaran membaca berbasis tembang anak untuk anak usia dini di masa pandemi mempunyai kekuatan dan kelemahan. Kekuatannya model dapat mendorong belajar membaca, suasana belajar menyenangkan; sedangkan kekurangannya pembelajaran belum optimal karena orang tua bekerja dan tidak semua dari mereka menguasai tembang anak serta bahasa pengantar model menggunakan bahasa campuran. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan pembelajaran tatap muka dan mengganti bahasa pengantarnya bahasa Jawa semuanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakar, Z. (2016). Pemamfaatan Lagu Sebagai Implementasi Model Pakem Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini Dan Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2812
Constantin, F. A. (2015). Emotional Effects of Music Therapy on Children with Special Needs. Journal Plus Education, XII(SPECIAL ISSUE), 178–183.
Drossinou-korea, M., & Fragkouli, A. (2016). Emotional Readiness And Music Therapeutic Activities. Journal of Research in Special Educational Needs, 16(1997). https://doi.org/10.1111/1471-3802.12305
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA, 9(1), 126–130.
Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100.
Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Miranti, I., Engliana, & Hapsari, F. S. (2015). Penggunaan Media Lagu Anak-Anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Di PAUD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, II(No. 2 Juli), 167–173.
Munawaroh Epriliani Aminah, & Nisa, A. F. (2016). Strategi Mengusik (Mengeja dengan Musik) Cara Cepat Belajar Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2).
Musfiroh, T. (2007). Permasalahan Membaca Dan Menulis Di Kb Dan Tk. Jurnal Penelitian Humaniora, 12(2), 106–126.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32
Raharja, B. (2021). Pembelajaran Dolanan Jawa Berbasis Pilar-pilar Pendidikan bagi Anak Usia Dini. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 21(3), 150–162. https://doi.org/10.24821/resital.v21i3.4611
Rahmawati, N. R., Septiana, N. Z., & Masitoh, F. (2019). Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang POLA PENGASUHAN ORANGTUA MILENIAL. In Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi Di Kelas Lima Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 27. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8292
Retnoningsih, D. A. (2019). Pembelajaran Literasi Berbasis Musik dan Lagu Anak terhadap Kemampuan Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 9(2), 196–209.
Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801
Simpson, K., & Keen, D. (2011). Music Interventions for Children with Autism : Narrative Review of the Literature. J Autism Dev Disord, 41(January 2011), 1507–1514. https://doi.org/10.1007/s10803-010-1172-y
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. GOLDEN AGE Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Din, 5(September), 133–140.
Thompson, G. A., & Mcferran, K. S. (2015). Music therapy with young people who have profound intellectual and developmental disability : Four case studies exploring communication and engagement within musical interactions. Journal of Intellectual & Developmental Disability, 40(1), 1–11.
Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17–48. Retrieved from http://pps.unj.ac.id/journal/jpud/article/view/31
Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami di Era milenial 4.0. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644
Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 pertama kali di Indonesia .( COVID-19 , n . d .) Dengan adanya Virus ini pemerintah ( Covid-19 ). Pembatasan aktivitas adalah salah satu kebijakan dari pemerintah harus dijalani. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160.
Widaningsih, T. (2019). Revolusi industri 4.0 dan Pendidikan Anak Usia Dini untuk Generasi Alfa: Sebuah Telaah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, pp. 318–319).
Yuli Tri Andini, M. D. W. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di tk bias yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 206–216.
Yulia, L. N. (2013). Pengenalan Membaca Bagi Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Beyond Center Circle Time(Bcct) Ditamankanak-Kanakislam Al-Azhar Kota Bukittinggi. Spektrum pls, 1(5), 119–130.
Yuliatun, Y. (2018). Belajar Membaca Bagi Anak Usia Dini: Stimulasi Menumbuhkan Minat Baca Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 127. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4269
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v22i2.5935
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.