Strategi Menghafal Penjarian Tangga Nada dalam Mata Kuliah Instrumen Dasar I
Abstract
Pembelajaran tangga nada merupakan materi dasar dan penting pada pembelajaran piano. Mempelajari tangga nada memberikan manfaat untuk meningkatkan kekuatan dan keterampilan jari dalam bermain piano. Untuk dapat memainkan tangga nada, hal yang harus dilakukan adalah menghafal penggunaan penjarian yang benar. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam menghafal penjarian tangga nada adalah dengan mengelompokan penjarian. Pengelompokan penjarian adalah penggunaan penjarian yang sama pada beberapa tangga nada. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penggunaan strategi pengelompokan penjarian dalam menghafal penjarian tangga nada pada mata kuliah Piano Dasar I. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, semester genap tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengelompokan penjarian mempermudah mahasiswa dalam menghafal penjarian tangga nada pada materi Instrumen Dasar I.
Scales Fingering Memorization Strategy in the Basic Instrument Course I. Scales play an important role as a fundamental basic to play piano. Studying scales will give students the opportunity not only developing hands coordination but also building the strength of hands and fingers. In doing the scales, the first thing to do is memorizing fingering on every scale, because every scale has their own fingering. The learning strategy to memorize fingering’s scales is by grouping the same fingering that is use for several scales. This research aims to study the use of grouping fingering towards students learning achievement in the subject of Instrumen Dasar I at Music Education Study Program, Performing Arts Faculty, Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta, second semester of the academic year 2017/2018. As the result of this study, it can be concluded that grouping fingering help the students to memorize scale’s fingering in learning scales.
Keywords: piano; fingering; basic instrument
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilinda, Y., & Ariani, F. (2016). Aplikasi Tuner Guitar Berbasis Android Untuk Membantu Dalam Bermain Dan Menyetel Gitar. EXPLORE, 6(2).
Balliauw, M., Herremans, D., Cuervo, D. P., & Sörensen, K. (2015). Generating fingerings for polyphonic piano music with a tabu search algorithm. In International Conference on Mathematics and Computation in Music (pp. 149–160). Springer.
Gill, K. Z., & Purves, D. (2009). A biological rationale for musical scales. PLoS One, 4(12), e8144.
Gunara, S. (2017). Pemanfataan Bahan Sight Reading Dalam Pembelajaran Piano. RITME, 2(1), 78–84.
Heijink, H., & Meulenbroek, R. G. J. (2002). On the complexity of classical guitar playing: functional adaptations to task constraints. Journal of Motor Behavior, 34(4), 339–351.
Indrawan, A. (2015). Adaptasi Konserto pada Ensambel Gitar sebagai Upaya Pengayaan Bahan Ajar Matakuliah Ensambel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16(2).
Indrawan, B., Sumaryanto, T., & Sunarto, S. (2016). Bentuk Komposisi Dan Pesan Moral Dalam Pertunjukan Musik Kiaikanjeng. Catharsis, 5(2), 114–122.
Kemendikbud. (n.d.). Tangga Nada. Retrieved November 6, 2018, from https://kbbi.web.id/tangga
Kennedy, M. (2004). Oxford Concise Dictionary of Music (4th ed.).
Kodijat, L. (2008). Penuntun Mengajar Piano. Jakarta: Djambatan.
Laycock, K. (2016). Uncerta in harmonies (orfall) – Colourscales and cadences. Colour Scales and Cadences. Journal of the International Colour Association, 15(20), 31–41.
Mulyanto, E. S. (2008). Panduan Dasar Bermain Jazz. Jakarta: Kawan Pustaka.
Pangerang, A., Hidayatno, A., & Zahra, A. A. (2015). Perancangan Aplikasi Pengenalan Chord Instrumen Tunggal Menggunakan Transformasi Wavelet Dan Key Detection. TRANSIENT, 4(1), 31–38.
Parncutt, R., Sloboda, J. A., Clarke, E. F., Raekallio, M., & Desain, P. (1997). An ergonomic model of keyboard fingering for melodic fragments. Music Perception: An Interdisciplinary Journal, 14(4), 341–382.
Purnomo, T. W. (2018). Studi Deskriptif Teks dan Konteks Musik Tradisional Irish Uilleann Pipes Pada Lagu The Gender in The Pratie Hole. Gondang: Jurnal Seni Dan Budaya, 1(2), 49–62.
Shusterman, R. (2011). Muscle memory and the somaesthetic pathologies of everyday life. Human Movement, 12(1), 4–15.
Spanswick, M. (2012). 6 Reasons Why You Need To Practice Them. Retrieved September 20, 2018, from https://melaniespanswick.com/2012/03/07/scales-6-reasons-why-you-need-to-practice-them/
Takegawa, Y., Terada, T., & Tsukamoto, M. (2008). A piano learning support system considering rhythm. Journal, Vol, 32(1), 9–25.
Wei, L. I. (2016). Important Role of Basic Finger Training in Piano Learning. Cross-Cultural Communication, 12(5), 66–72.
Wirayudha, A. H. (2014). A Solution to the Fingering Problem of Brahms Cellos Sonata No. 1 Opus 38 and Shostakovich Cello Sonata Opus 40. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 100–106.
Wulandari, R. (2015). Nada Diatonik Pada Gelas Kaca Terkait Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Halus Pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v20i1.3335
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.