Peranan Metode Eurhythmics Terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak

Oriana Tio Parahita Nainggolan

Abstract


Penelitian ini mengkaji peranan metode pembelajaran musik eurhythmics terhadap peningkatan
kreativitas gerak anak usia 0,8 - 10,0 tahun. Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk membuat
atau menciptakan sesuatu yang baru dari apa yang telah ada maupun yang belum pernah ada, yang secara
operasional tercermin dari kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan
untuk mengelaborasi. Kreativitas dapat dipelajari dan ditingkatkan. Salah satu cara dalam meningkatkan
kreativitas adalah melalui pembelajaran musik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized
Group Pretest-Posttest, dimana pengukuran kreativitas gerak dilakukan pada saat sebelum dan sesudah
dilakukan pembelajaran musik dengan menggunakan metode eurhythmics. Analisis data yang digunakan
adalah T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode eurhythmics memiliki peranan dalam
peningkatan kreativitas gerak anak usia 0,8 - 10,0 tahun.


Keywords


kreativitas gerak; eurhythmics; musik

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. M. 2003. “Peranan Gerak Tari Kreatif Siswa Dan Minat Tari Kreatif Siswa Terhadap Keberhasilan Belajar Menari Kreatif Siswa SLTP St. Theresia Jakarta”. [Tesis]. Jakarta: Universitas Indonesia.

Fitriani, Y. (2015). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study: Studi Kasus di SDN Jawilan, Serang. RESITAL : JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 15(2), 126-138. doi:http://dx.doi.org/10.24821/resital.v15i2.847

Hawkin, M. A. 2003. Mencipta Lewat Tari. (Diterjemahkan oleh: Y. Sumandiyo Hadi). Yogyakarta: Manthili.

Mead, H. V. 1994. Eurhythmics In Today’s Music Classroom. New York: Schott.

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan bakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. RESITAL : JURNAL SENI PERTUNJUKAN, 15(1), 71-82. doi:http://dx.doi.org/10.24821/resital.v15i1.801

Rozmajzl, M. dan Boyer, R. 2006. Music Fundamentals, Methods, and Materials For the Elementary Classroom Teacher (4th ed). United States: Pearson Education.

Satiadarma, P. M. dan Zahra, P. R. 2004. Cerdas Dengan Musik. Jakarta: Puspa Sehat.

Wood, D. 1982. Move, Sing, Listen, Play Preparing The young Child For Music. Toronto: Thompson Music.




DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v16i3.1677

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.