Adaptasi Membaca Notasi Viola sebagai Solusi Teknis dalam Mata Kuliah Ansambel Gesek
Abstract
Pada prinsipnya secara struktur anatomi dan teknik memainkan instrumen violin dan viola tidak ada perbedaan yang signifikan. Kedua instrumen gesek tersebut boleh dikatakan serupa tetapi tidak sama. Perbedaan antara kedua instrumen tersebut terletak pada ukuran bodi, dawai yang digunakan, register suara dan notasi musiknya. Urgensi penelitian ini difokuskan pada perbedaan notasi yang digunakan pada kedua instrumen tersebut. Violin menggunakan kunci G (G clef) dan Viola menggunakan kunci C (C clef alto). Perbedaan notasi ini sering menimbulka masalah ketika pemain violin akan memainkan viola dalam sebuah ansambel atau orkestra. Pemain violin yang akan memainkan viola membutuhkan adaptasi membaca notasi ke kunci C alto. Tujuan dari penelitian ini untuk mencari solusi permasalahan yang dihadapi dalam Mata Kuliah Ansambel Gesek agar sebuah formasi ansambel gesek menjadi lengkap dan standar sesuai kebutuhan aransemen musik yang dimainkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus yang terjadi pada Mata Kuliah Ansambel Gesek dikarenakan jumlah mahasiswa violin banyak dan tidak ada mahasiswa viola, tetapi mahasiswa cello dan kontrabass terpenuhi. Hal ini perlu dicarikan solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan memberi kesempatan kepada para mahasiswa violin untuk memainkan instrumen viola agar dapat mengisi kekosongan pemain viola yang tidak ada. Tentu saja dengan mempelajari membaca notasi viola yang menggunakan kunci C diharapkan pemain violin bisa cepat menyesuaikan dalam bermain ansambel gesek. Hasil penelitian ini yakni formasi ansambel gesek menjadi lengkap dan standar karena posisi pemain viola yang kosong sudah terisi oleh mahasiswa violin yang telah melakukan adaptasi baik teknik permainan maupun teknik membaca notasi viola dengan lancar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bachmann, A. (2008). An Encyclopedia of The Violin. Dover Publication.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, R. I. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Barret, H. (1997). THE VIOLA, Complete Guide for Teacher and Students (Barret (ed.)). The University of Alabama.
Butler, J. (2008). Creating pedagogical etudes for interactive instruments. 77–80.
Campbell, C. (2009). The Violin Concer The Violin Concerto Soloist’ o Soloist’s Orchestral Role, fr al Role, from Mozart to Beethoven. Performance Practice Review, 14. https://doi.org/10.5642/perfpr.200914.01.02
Creswell, J. W. (2014). No TitleResearch Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dalton, D. (1990). Playing The Viola: Conversation with William Primrose. Oxford University Press.
Davidson, J. W., & Good, J. M. M. (2002). Social and musical co-ordination between members of a string quartet: An exploratory study. Psychology of Music, 30(2). https://doi.org/10.1177/0305735602302005
Gilburt, S. J. M., Chau, C. J., & Horner, A. (2016). The effects of pitch and dynamics on the emotional characteristics of bowed string instruments. ICMC 2016 - 42nd International Computer Music Conference, Proceedings.
Jensenius, E. (2014). An Annotated Bibliography of Selected Viola Works For Pedagogy of Contemporary Musical Styles and Techniques. Florida States Universty College of Music.
Kayser, H. . (1915). 36 Violin Studies, op.20. G Schirmer INC.
Kothe, F., Teixeira, C. S., Felden, É. P. G., & Merino, E. A. D. (2015). Usability of violin and viola shoulder rest. Per Musi. https://doi.org/10.1590/permusi2015b3210
Lamb, N. (1990). Guide to Teaching Strings (5th ed.). Wm. C. Brown Publisher.
Lee, H. (2003). Towards A Dynamic Pedagogy: Contemporary Pedagogical Approaches to Basic Violin Technique. University of Washington.
MacLeod, R. B. (2008). Influences of Dynamic Level and Pitch Register on the Vibrato Rates and Widths of Violin and Viola Players. Sage Journals, 56(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1177/0022429408323070
Nordstrom, K., & Nordstrom, S. (2020). From the Beginning: Building Foundational Technique in Violin and Viola Students. American String Teacher, 70(1). https://doi.org/10.1177/0003131319891138
Patricia Strange, A. S. (2001). The Contemporary Violin, Extended Performace Techniques. Univercity of California Press.
Pope, D. A., & Barnes, G. V. (2015). Influence of education, performance level, and presentation medium on evaluations of string orchestra performances. Bulletin of the Council for Research in Music Education, 203. https://doi.org/10.5406/bulcouresmusedu.203.0007
R.M. Surtihadi, G. Yoga Pratama. (2017). Teknik Pembentukan Tone Colour pada Tangan Kanan dalam Permainan Instrumen Viola. Promusika, 5, 77–85. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v5i2.2289
Reed, L., & Ritscher, K. (1995). The First Five Years of Viola Articles in AST . American String Teacher, 45(1). https://doi.org/10.1177/000313139504500109
Sabri, S., & Absul, M. (2020). Integration of Dick and Carey Design in String Ensemble Class Instructional Material Design. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 14(11), 2020.
Smith, J. W. (2020). From Violin to Viola. Sagepup, 50, 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/000313130005000110
Sookyung Claire Jeong. (2012). Viola Design: Some Problems With Standardization. The University of Alabama.
Tan, C. H., Wong, K., Baskaran, V. M., Adhinugraha, K., & Taniar, D. (2023). Is it Violin or Viola? Classifying the Instruments’ Music Pieces using Descriptive Statistics. ACM Transactions on Multimedia Computing, Communications, and Applications. https://doi.org/10.1145/3563218
Wallace, D., & Ritscher, K. (1993). From Violin to Viola: Effecting a Smooth Transition. American String Teacher, 43(3). https://doi.org/10.1177/000313139304300325
Wirayudha, A. H. (2014). A Solution to the Fingering Problem of Brahms Cello Sonata. Jurnal Resital, Volume 15(1 Juni 2014), 33.
DOI: https://doi.org/10.24821/resital.v24i3.10500
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.