Fotografi Konseptual sebagai Media Representasi Sikap Masyarakat Lokal Terhadap Fenomena "Udan Salah Mangsa"

Kusrini Kusrini, Aji Susanto Anom Purnomo

Abstract


Artikel ini memuat hasil penelitian tentang fotografi konseptual yang digunakan sebagai media representasi sikap masyarakat lokal terhadap fenomena hujan di musim yang salah (udan salah mangsa). Penelitian menggunakan pendekatan fotografis untuk memahami fenomena udan salah mangsa dalam perspektif masyarakat lokal. Bagaimana masyarakat merespon anomali hujan dan peristiwa alam yang ada di lingkungannya dalam kaitan dengan isu perubahan iklim. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penyelesaian masalah penelitian dilakukan melalui proses berpikir kreatif dengan landasan pemikiran tentang seni konsep, fotografi konseptual, serta representasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa fotografi konseptual udan salah mangsa merupakan media yang tepat untuk merepresentasikan sikap masyarakat lokal terhadap fenomena anomali hujan. Bangunan utama dalam penciptaan fotografi konseptual yaitu konsep dan ketrampilan fotografi, berhasil diolah secara kuat dan sebagian telah diwujudkan dalam purwarupa karya visual foto konsep. Konsep yang kuat dapat diperoleh melalui pengumpulan data dari berbagai sumber agar akurat serta pemahaman tentang fotografi yang baik sehingga karya diharapkan memiliki daya ganggu kognitif sehingga muncul kesadaran terhadap kondisi lingkungan alam.

 

Conceptual Photography as Representation Media of Local Communities in Responding The Rains in The Wrong Season Phenomena. This article contains the results of research on conceptual photography which is used as a media to represent local people's attitudes towards the phenomenon of rain in the wrong season (udan salah mangsa). This research uses a photographic approach to understand the phenomenon of udan salah mangsa from the local community perspective. How do people respond to rain anomalies and natural events in their environment, including in relation to the issue of climate change. The research approach used is qualitative with the method of solving research problems carried out through a process of creative thinking with the basis of ideas about concept art, conceptual photography, and representation. The results of the study show that conceptual photography of udan salah mangsa is an appropriate medium to represent local people's attitudes towards the rain anomaly phenomenon. The main building blocks in the creation of conceptual photography, namely the concept and skills of photography, have been successfully processed and some of them have been embodied in prototypes of visual concept photo works. A strong concept can be obtained through collecting data from various sources so that it is accurate as well as a good understanding of photography so that works are expected to have cognitive interference so that awareness of natural environmental conditions arises.


Keywords


conceptual photography, rain in the wrong season, representation

Full Text:

PDF

References


Altman Siegel. (2018). Artist, Will Rogan. https://altmansiegel.com/artists/will-rogan/

Damanjati, I. (2006). Psikologi Seni. Kiblat Buku Utama.

Djatiprambudi, D. (2017). ”Penciptaan Seni sebagai Penelitian”. Seminar Nasional Seni Dan Desain: “Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni Dan Desain.”

Faradiba, N. (2022). Bukan Mitos, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Hujan tapi Panas. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/01/200200723/bukan-mitos-ternyata-ini-penjelasan-ilmiah-hujan-tapi-panas

Galeri Nasional Indonesia. (2020). Diskusi Udan Salah Mongso: Dari Jangka Jayabaya Hingga Kritik Terhadap Antroposentrisme. Galeri Nasional Indonesia. https://www.youtube.com/watch?v=Ac9hLo4mLi4

Gordin, Misha. (2013). Conceptual Photography: Idea, Process, Truth. World Literature Today, 87 (2), 76–81.

Hermawan, E. (2010). “PENGELOMPOKKAN POLA CURAH HUJAN YANG TERJADI DI BEBERAPA KAWASAN P. SUMATERA BERBASIS HASIL ANALISIS TEKNIK SPEKTRAL.” JURNAL METEOROLOGI DAN GEOFISIKA, 11 (2), 75–85.

Irwandi. (2019). Contemporary Photography Works of Ruang MES 56: Idea, Interpretation of Information, and Model of Creation. IJCAS, International Journal of Creative and Arts Studies, 6 (1), 15.

Kusrini. (2018). “REPRESENTASI PHOTO OF THE YEAR WORLD PRESS PHOTO (WPP) 2005-2016.” Specta, 2 (1).

Margono. (n.d.). Kearifan Lokal Penanda Kemarau, Dari Daun Rontok Sampai Suara Tonggeret. Ind.Margono@tepas.Id. https://tepas.id/kearifan-lokal-penanda-kemarau-dari-daun-rontok-sampai-suara-tonggeret/

Moleong, L. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Prihatini, Z. (2022). “Turun Hujan Saat Cuaca Panas kenapa Bisa Terjadi? Ini Penjelasan Sains.” Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/02/05/190200923/turun-hujan-saatcuaca-panas-kenapa-bisa-terjadi-ini-penjelasan-sains?page=all#page2

Putri, A. S. (2020). “Mengenal Hujan Zenithal.” Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/01/100000969/mengenal-hujanzenithal

Setiyanto, P. W., Novan J.A., A. T. (2021). “KARANTINA WILAYAH SEBAGAI IDE PENCIPTAAN FOTO SERI TENTANG TOPICAL TRENDS COVID-19.” Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 17 (1).

Susanto, M. (2018). Diksi Rupa: Kumpulan Istilah dan Gerakan Seni Rupa (Edisi Revisi). DictiArt Lab & Jagad Art Space.

Syafriyandi. (2016). SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) DAN BENDA-BENDA BERTEKNOLOGI DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI”. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, 12 (2).

Tate. (n.d.). “Conceptual Art.” https://www.tate.org.uk/art/art-terms/c/conceptual-photography

Walgito, B. (1981). Pengantar Psikologi Umum. Penerbit Andi.

Wardani, N. (2017). "Perubahan Iklim dan Pengaruhnya Terhadap Serangga Hama”. Agroinovasi Spesifik Lokasi Untuk Ketahanan Pangan Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. http://repository.pertanian.go.id/bitstream/handle/123456789/7359/95.%25




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v19i2.9355

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats