Sampling Suara Instrumen Musik sebagai Strategi Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembuatan Film Scoring

Pandan Pareanom Purwacandra, Oriana Tio Parahita Nainggolan

Abstract


ABSTRAK

Film scoring merupakan pembuatan musik untuk mengiringi gambar visual dalam film. Dalam pembuatan film scoring sangat dibutuhkan pengetahuan tentang musik, hal ini dikarekan film scoring memiliki tujuan untuk menciptakan emosi penonton agar dapat memahami film yang ditonton. Instrumen musik merupakan elemen musikal yang mendukung terciptanya emosi penonton. Penelitian ini memiliki tujuan meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi D-3 Animasi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta pada pembuatan Film Scoring dengan strategi pembelajaran menggunakan sampling suara isntrumen musik. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa, maka digunakan penelitian tindak kelas dengan tiga siklus. Indikator keberhasilan hasil belajar mahasiswa didapat dari nilai dalam tugas membuat film scoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada akhir siklus ketiga dari PTK dengan menggunakan strategi pembelajaran sampling suara instrumen musik. Hasil belajar mahasiswa ini ditunjukan dengan jumlah mahasiswa yang mendapat nilai amat baik dan baik yaitu sekitar 93,75% dari 16 mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi sampling suara instrumen musik meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembuatan film scoring.

 

Film scoring is music written specifically to accompany a movie. The knowledge about music plays an important role in the making of film scoring. The purpose of film scoring is evoking audience’s emotion so they will understand the film message. Musical instrument is musical element that create audience’s emotion while watching film. This research aims to enhance student learning outcomes at Animation Study Program, Faculty of Media and Recorded Arts, Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta in making film scoring with using sampling musical instrument as learning strategy. This research is classroom action research with three cycles. The indicator of student learning outcomes gathering from number of students who got an excellent and good marking in making film scoring. The results show 93,75% students or 15 out of 16 students got an excellent and good marking in making film scoring. According to the result of this study, it was concluded that the strategy of using sampling musical instrument can improve student learning outcome in making film scoring. 


Keywords


Film Scoring; Sampling of Musical Instrument; Film Music

Full Text:

PDF

References


Brownrigg, M. 2003. Film Music and Film Genre. [Thesis]. University of Stirling, Stirling.

Cohen, A. J. (2001). Music as a Source of Emotion in Film. Dalam P. Juslin and J. Sloboda (Eds.). Series in affective science. Music and emotion: Theory and Research (pp. 249-272). New York, NY, US: Oxford University Press.

Donald, M. H. (2014). Underscore. Retrieved from http://musicians.about.com/od/qz/g/underscore.html.

Duffell, D. (2005). Making Music with Samples: Tips, Techniques, and 600+ Ready-to-Use Samples. San Francisco: Backbeat. ISBN 0-87930-839-7.

Herbertsson & Wiséen. (2015). The future of music sampling in Sweden – Complicated issues de- mands complicated measures. (Thesis). Jönköping University, Sweden.

Kunandar. (2009). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.

Stein, L. (2009). Glosary of Terms. Retrieved from http://www.edb.utexa/resources/team/glosary.pdf.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukanti. (2008). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia. Vol. VI. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v15i1.3232

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats