Memotret Dunia Anak Autis dalam Fotografi Liam’s World Karya Erin Lefevre

Adinatasya Luthfiyyah Rahardian, Yanti Heriyawati

Abstract


Fotografi dokumenter dapat memvisualisasikan secara jelas gagasan dan tulisan yang dibuat oleh seorang fotografer jurnalistik. Erin Lafevre adalah salah satu fotografer dokumenter di New York City yang mengabadikan aktivitas keseharian dari adiknya yang didiagnosa autisme. Kajian ini dilakukan pada tiga karya foto Erin Lafevre dari keseluruhan karya berjudul Liam’s World. Metode EDFAT diterapkan untuk mengidentifikasi tanda-tanda pada foto. Teori semiotika Roland Barthes digunakan untuk menganalisis makna denotasi dan konotasi dari ketiga karya foto yang dikaji. Secara denotatif foto-foto tersebut menunjukkan Liam sebagai anak autis ketika komunikasi tidak melihat lawan bicaranya, berbeda fokusnya ketika interaksi sendiri seperti menggambar atau menyentuh benda tertentu. Secara konotatif, anak autis sulit fokus saat interaksi dengan orang lain dan mudah terdistraksi dengan benda menarik lainnya yang ada di sekitarnya, sisi lain kemandiriannya dapat diasah secara optimal. Hasil kajian menunjukkan foto-foto tersebut mampu menangkap peristiwa secara objektif. Liam sebagai anak autis aktivitasnya tertangkap kamera yang menunjukkan bagaimana karakteristik dan kecenderungan anak autis dalam berbagai macam aktivitas: cara merespon, berinterkasi, dan berkomunikasi. Foto memiliki cara sendiri dalam bercerita dan bersuara melalui visual. 

 

Kata kunci: autis, fotografi, semiotika


Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. 2010. Imaji, Musik, Teks. (Hartono, A., Penerjemah). Yogyakarta: Jalasutra.

Barthes, Roland. 2017. Elemen-Elemen Semiologi. (Ardiansyah, M., Penerjemah). Yogyakarta: basabasi.

Dicka, Muhammad Ma’arief Alyatalatthaf & Dyah Kusumawati. (2023). Implementation of Edfat Technique in the Creation of Photo Story. Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, Vol. 19 No. 2 - Oktober 2023.

Gardianto, G.R. dan Setyanto, D. W. 2019. “Kajian Jurnalistik Dengan Metode EDFAT Studi Kasus Foto Pilkada 2015 Harian Suara Merdeka” dalam Jurnal Gestalt. I/1.

Horne, Rebecca. 23 Desember 2019. Photographer Captures Intimate Scenes of Daily Life With Autism. https://www.spectrumnews.org/opinion/photographer-captures-intimate-scenes-of-daily-life-with-autism/. (diakses pada 22 Maret 2022).

Lefevre, Erin. 2019. Liam’s World. http://www.erinlefevre.com/liamsworld. (diakses pada 22 Maret 2022).

Lestari, Raka. 30 Maret 2018. Ini yang Dirasakan Seorang Autisme di Transportasi Umum. https://www.medcom.id/rona/kesehatan/VNnRVvvN-ini-yang-dirasakan-seorang-autisme-di-transportasi-umum. (diakses pada 04 Desember 2023).

Mahendra, K.Y.Riska, Saryana, I Made dan Adityasmara, Farhan. 2021. “Kegiatan Anak-anak Down Syndrome Sekolah Luar Biasa Singaraja Dimasa Pandemi Dalam Fotografi Dokumenter” dalam Retina Jurnal Fotografi. I/2.

Maulidiyah, Hidayatul. 2019. Tampilan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Pada Film Dancing In The Rain. Semarang: Universitas Semarang.

Novilia, Kiki. 2019. Representasi Penyandang Disabilitas Dalam Film (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Film Serial Animasi “Nussa dan Rara”). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Olivia, Firda. 11 Maret 2017. Ibu Ini Abadikan Anaknya yang Autis dalam Seni Fotografi. https://www.brilio.net/wow/ibu-ini-abadikan-anaknya-yang-autis-dalam-seni-fotografi-mengagumkan-170311p.html. (diakses pada 04 Desember 2023)

Setiyanto, Pamungkas & Irwandi. 2017. “Foto Dokumenter Bengkel Andong Mbah Musiran: Penerapan dan Tinjauan Metode EDFAT Dalam Penciptaan Karya Fotografi” dalam Jurnal Rekam. XIII/1.

Siwi, Aisti Rahayu Kharisma & Nisa R. Nur Aganti. 2017. “Strategi Pengajaran Interaksi Sosial Kepada Anak Autis” dalam Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi. II/2.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.

Surahman, Sigit. 2018. “Objektivitas Perempuan Tua Dalam Fotografi Jurnalistik (Analisis Semiotika pada Foto-Foto Pameran JMMK #8)”. Jurnal Rekam, 14(1).

Tresna, Dicky Age. Stimulasi Motorik Halus Bagi Anak Dengan Autisme Melalui Kegiatan Menulis. https://klikpsikolog.com/stimulasi-menulis-bagi-anak-autis-dengan-kegiatan-motorik-halus/. (diakses pada 04 Desember 2023).

Waiman, Elina, Soedjatmika, Hartono Gunardi, Rini Sekartini & Bernie Endyarni. 2011. “Sensori Integrasi: Dasar dan Efektivitas Terapi” dalam Sari Pediatri. XIII/2.

Wijaya, Taufan. 2014. Fotografi Jurnalistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Taufan. 2016. Photo Story Handbook. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Taufan. 2018. Literasi Visual: Manfaat dan Muslihat Fotografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wilson, Kate Miller. 2017. Love and Autism. https://katenearyphotography.zenfoli




DOI: https://doi.org/10.24821/rekam.v20i1.11460

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View Rekam Stats