Kajian Musikologis Terhadap Komposisi Musik Angklung Toel dan Maqam Hijaz
Abstract
Studi ini bertujuan untuk menunjukan komposisi musik yang menggunakan konsep musik islam dengan kaya fungky. Maqam hijaz merupakah salah satu dari tujuh irama seni membaca Al-Qur’an yang terdapat pada sumber yang dikaji. Hijaz dalam irama memiliki makna doa, panggilan, dan mengingat-ingat sesuatu. Metode yang digunakan dalam penciptaan karya ini adalah pengembangan dasar dari tangga nada maqam hijaz ke dalam bentuk karya musik dengan penggabungan antara dua jenis musik, yaitu musik Timur Tengah, dan musik gaya funky. Karya angklung toel dan maqam hijaz, diketahui bahwa karya musik ini dapat menciptakan suatu hal baru dalam pengkolaborasian antara musik Timur Tengah dan musik gaya funky sebagai pengembangannya, dan diwarnai dengan progresi-progresi akornya yang terdapat pada karya ini. Gaya seni membaca Al-Qur’an dapat dikembangkan atau diaplikasikan ke dalam bentuk karya musik bambu.
Abstract
Musicological Study of Angklung Toel and Maqam Hijaz Music Composition. This study aims to show a musical composition that uses the concept of Islamic music with a funky richness. Maqam Hijaz is one of the seven rhythms of the art of reading the Qur'an found in the sources studied. Hijaz, in rhythm, has the meaning of prayer, calling, and remembering something. The method used in creating this work is the essential development of the Maqam Hijaz scales into the form of musical works by combining two types of music, namely Middle Eastern music and funky style music. The results of the musical works that have been made show that this work can create something new in the collaboration between Middle Eastern music and funky style music as its development, and is coloured by the chord progressions found in this rich. The art style of reading the Qur'an can be developed or applied as bamboo musical works.
Keywords: Maqam, Hijaz, Music, Bamboo
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdon, D. S. (2003). Arabic Music: Samaie Farhafza Analysis.
Atıcı, B. M., Bozkurt, B., & Şentürk, S. (2015). A Culture-Specific Analysis Software for Makam Music Traditions. Folk Music Analysis (FMA) Workshop. http://mtg.upf.edu/node/3241
Campbell, K. H. (2011). Meets the Mainstream Arabic Music Retreat. http://www.kayhardycampbell.com/arabic_music.htm
Christiana, W., & Gumilar, T. (2022). TOMUBA Sajian Karya Seni Toleat dan Musik Bambu. Panggung, 32(2), 232–240. https://doi.org/10.26742/panggung.v32i2.2056
Dwi Arini, S. H., Supriadi, D., & Saryanto, S. (2015). Karakter Musik Etnik dan Representasi Identitas Musik Etnik. Panggung, 25(2). https://doi.org/10.26742/panggung.v25i2.7
Elrawi, O. M. (2014). Architecture, Music and Pattern Recognition the Case of Andalusian. International Journal of Technical Research & Applications (IJTRA), 9(9), 39–44. https://www.ijtra.com/special-issue-abstract.php?id=architecture-music-and-pattern-recognition-the-case-of-andalusian-architecture
Rasmussen, A. K. (2019). Merayakan Islam dengan Irama. Mizan. https://mizanstore.com/merayakan_islam_dengan_irama_65836
Rossari, F. I. (2020). Perkembangan Angklung Toel Pada Tahun 2010-2019 di Saung Angklung Udjo Bandung Ditinjau Dari Aspek Teknologi. Jurnal Penelitian Musik, 1(1).
Rustiyanti, S. (2019). Metode ‘TaTuPa’ Tabuh Tubuh Padusi sebagai Musik Internal Visualisasi Koreografi NeoRandai. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan (Journal of Performing Arts), 20(3), 161–175. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/resital.v20i3.3394
Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. https://inlis.kemenpppa.go.id/opac/detail-opac?id=3567
Sidik, H., & Herdianto, F. (2022). Komposisi Musik “ Impresi Doak ” Transformasi Suara Burung Elang Pada Seni Tutur Doak di Desa Aur Cino, Kecamatan VII Koto, Kab Tebo, Jambi. Promusika, 10(April), 1–12.
Sutaryo, H. N., & Yogatama, A. D. C. (2020). Bagatelle: Penciptaan Musik Dalam Format Duet Biola Dan Gitar. Promusika, 8(1), 36–41. https://doi.org/10.24821/promusika.v1i1.3604
Upaja Budi, D. S. (2017). Modifikasi Angklung Sunda. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(1), 43–52. https://doi.org/10.24821/resital.v18i1.2445
Zachariadou, A. (2020). The M (Maqam/Makam - Mode) App. IMS-RASMB, Series Musicologica Balcanica, 1(1), 30–55. https://doi.org/https://doi.org/10.26262/smb.v1i1.7735
DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v11i1.9202
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PROMUSIKA
P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)