Aplikasi Pembelajaran Mata Kuliah Aransemen Musik Pendidikan II: Studi Kasus di SMP Al-Azhar Yogyakarta
Abstract
Mata Kuliah Aransemen Musik Pendidikan I dan II pada kurikulum 2009 Program Studi Seni Musik, termasuk kelompok mata kuliah keahlian berkarya yang terdapat didalam minat utama Musik Pendidikan. Deskripsi mata Kuliah Aransemen Musik Pendidikan II yaitu mampu membuat aransemen musik pendidikan dengan bentuk ansambel musik untuk tahap menengah (siswa Sekolah Menengah Pertama). Penelitian ini berguna untuk mengatasi kendala dan mencari solusi pada proses pengajaran Aransmemen Musik Pendidikan dalam bentuk ansambel musik di sekolah Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metode teoritical. Penguasaan materi unsur-unsur musik menjadi dasar untuk membuat aransemen di mana subyek terkait dengan konsep-konsep seperti bentuk, harmoni, tandingan, dan perangkat komposisi (Watanabe;1967,5). Pada penelitian ini, hasil teori tentang aransemen musik yang didapat selama proses perkuliahan aransemen musik pendidikan II di kelas, selanjutnya diaplikasikan ke SMP Al Azhar Yogyakarta yang kemudian hasilnya lalu dikaji lebih mendalam. Hasil aransemen mata kuliah aransemen musik pendidikan dapat di aplikasikan di SMP Al-Azhar. Bentuk aransemen dengan format ansambel yang menggunakan instrumen rekorder, pianika, biola, glokenspiel, perkusi, gitar elektrik, bass elektrik, keyboard, drumset serta vokal menjadi ansambel musik bentuk baru yang memang tepat bagi kegiatan ansambel musik di Sekolah Menengah Pertama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Christopher. 1980. Music-Society-Education. London: John Calder
Duckles, Vincent et al. 1980. “Musicology” dalam Stanley Sadie (ed.), The New Grove Dictionary of Musical Instru-ments and Musicians, Volume 12. London: Macmillan Publisher Limit-ed
Fletcher, Peter. 1987. Education and Music. New York: Oxford University Press.
Haryadi, Frans dkk. 1976. Metode Pendidikan Musik Untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdik-bud.
Hurlock, Elizabeth B. 1991. Perkembangan Anak (terj. Meitasari Tjandrasa),. Jakarta: Airlangga
Kawakami, Genichi. 1975. Arranging Popular Music: A Practical Guide. Tokyo-Japan: Yamaha Music Foundation.
Meleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Ros-dakarya
Miller, Hugh M. 1971. Introduction to Music, A Guide to Good Listening. New York: Barnes & Nobles Inc.
Newman, Grant. 1979. Teaching Children Music, Fundamental of Music and Methode. USA: Wim C. Brown Publisher.
Sadie, Stanley (ed.). 1980. The New Grove Dictionary Music and Musicians. London: Macmillan Publisher Ltd.
Scholes, Percy A. 1978. The Oxford Companion to Music. London: Oxford University Press.
Soedarsono, R.M. 2001. Metodologi Seni Pertunjukkan dan Seni Rupa. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indo-nesia.
Stein, Leon. 1979. Structure and Style: The Study and Analysis of Musical Form, Expand Edition. New Jersey, USA: Summy – Birchard Music.
Strube, Gustav. 1978. The Theory and Use Chords, A Text-Book of Harmony. Philadelphia-USA: Oliver Ditson Company
Watanabe, Ruth T. 1976. Introduction To Music Research. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
DOI: https://doi.org/10.24821/promusika.v4i1.2270
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ayu Tresna Yunita
P-ISSN: 2338-039X (print) | E-ISSN: 2477-538X (online)