DESAIN KOLABORATIF SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK LOKAL PADA INDUSTRI KECIL: STUDI KASUS PADA DESIGN THINKING WORKSHOP KERJASAMA HOCHSCHULE HANNOVER DAN ISI YOGYAKARTA TAHUN 2014 – 2018

Ivada Ariyani

Abstract


Design thinking memiliki sifat yang cenderung menghindari fixed brief di awal sehingga
seringkali ditemukan permasalahan yang tidak secara langsung terkait dengan desain artifak. Hal ini
memberikan hasil yang dinamis bagi keseluruhan kegiatan kolaboratif ini. Penelitian ini meneliti
mengenai perwujudan hasil desain terkait dengan strategi pengembangan produk lokal dalam
industri kecil. Selain itu akan diteliti pula mengenai karakteristik desain yang dihasilkan dari desain
kolaboratif ini. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kurang dari separuh hasil desain yang
didapatkan dari workshop design thinking yang dapat memenuhi strategi pengembangan produk
lokal dalam industri kecil. Hal ini terlihat dari hanya 12 dari 28 kelompok yang memenuhi 3 -5 aspek
dari 7 aspek yang disepakati mengandung indikator – indikator mengenai strategi pengembangan
produk lokal. Merancang strategi pemasaran merupakan aspek yang paling sering dilakukan oleh
peserta dari keseluruhan indikator. Hal lain yang seringkali menjadi solusi desain dalam workshop
ini adalah eksplorasi potensi bahan baku serta pemanfaatan teknologi yang disertai inovasi dan
kreativitas. Hal – hal yang terkait dengan peningkatan sumber daya manusia menjadi hal yang jarang
muncul menjadi solusi bagi industri kecil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karakteristik hasil
desain dari workshop ini lebih cenderung mengarah kepada penciptaan dan pemasaran produk.

Keywords


desain kolaboratif, produk lokal, design thinking

Full Text:

PDF

References


Amatullo, M.V., 2013. Design Attitude and Social Innovation: Empirical Studies of The Return on Design. PhD

Dissertation. Case Western Reserve University.

Ariyani, I., 2016. Pengaruh Pengelompokan Kerja dalam Metode Design Thinking Terhadap Tingkat Kualitas

Desain. Lintas Ruang.

Brown, Tim dan Wyatt, Jocelyn. 2010. Design thinking for Social Innovation, Stanford Social Innovation

Review (Winter 2010) vol.8, No.1, 30 – 35.

Brown, Tim. 2009. Change by Design, New York, Harper Collins.

Hofstede, G, Hofstede, G.J., Minkov, M. 2010. Cultures And Organizations. New York, McGraw-Hill

McMahon, M & Bhamra, T., 2012. Design Beyond Borders: International Collaborative Projects As a

Mechanism to Integrate Social Sustainability Into Student Design Practice. Journal of Cleaner

Production, Vol.23, Issue 1, March 2012, hal. 86-95.

Rekomendasi Strategi Kebijakan Pengembangan Citra Merek Produk Kreatif, Badan Ekonomi Kreatif

Indonesia, 2017

Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015 – 2035, Pusat Komunikasi Publik Kementrian

Perindustrian 2015

Tambunan, T., 2000. Development of Small-Scale Industries during the New Order Government in Indonesia,

The Institute of Economic Studies, Research and Development Indonesian Chamber of Commerce and

Industry (LP3E-KADIN INDONESIA), Ashgate Publishing New York

Tambunan, T., 2007. Development of SMES in a Developing Country: The Indonesian Story Journal of Business

and Entrepreneurship; Oct 2007; 19, 2

Tambunan, T., 2009. Export-oriented small and medium industry clusters in Indonesia, Journal of Enterprising

Communities: People and Places in the Global Economy, Vol. 3 Issue: 1, pp.25-58




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v6i2.3058

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d