PENGARUH KOMPOSISI WARNA & OBJEK PENDUKUNG PADA WINDOW DISPLAY TERHADAP CUSTOMER PERCEIVED VALUE DARI PRODUK BATIK KERATON YOGYAKARTA

Annisya Syahreni Syahrial

Abstract


Window display mampu menjadi media atau perantara untuk meningkatkan customer perceived value (CPV) dari suatu produk, dalam penelitian ini produk yang digunakan adalah produk batik keraton Yogyakarta. Untuk mendukung citra visual dari batik keraton Yogyakarta, warna yang digunakan pada penelitian ini adalah warna yang dapat menunjukkan suasana Jawa dan skema warna monochrome digunakan sebagai pembanding. Objek pendukung (props) digunakan sebagai pendukung dari penciptaan efek penggunaan warna pada window display. Objek pendukung yang digunakan pada penelitian ini adalah objek pendukung berbentuk 2D dan 3D. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan data melalui pengamatan dan penilaian simulasi digital window display dalam bentuk tiga dimensional (3D) melalui kuesioner secara online. Simulasi window display diberikan treatment warna (skema warna Yogyakarta dan monochrome) dan objek pendukung (props) (2D dan 3D). Melalui uji-t untuk sampel bebas dan uji two-way ANOVA diketahui bahwa skema warna Jawa / Yogyakarta dan objek pendukung (props) terutama dalam bentuk 3D memiliki peran positif terhadap pembentukan CPV dari produk batik keraton Yogyakarta di toko fashion. Hasil tersebut mendukung temuan Hanna Kiehelä (2014), yaitu elemen warna pada retail design berpengaruh pada pembentukan perceived value pada produk yang dijual dan mendukung teori Nassar (1988), yaitu objek pendukung berupa tekstur atau tiga dimensional merupakan salah satu sumber daya visual penting karena dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan efek visual yang menyenangkan.

Keywords


Customer Perceived Value, Objek Pendukung, Warna, Window Display

Full Text:

PDF

References


Field, A. (2009): Discovering Statistics Using SPSS. London: SAGE

Kiehelä, H. (2014): Dimensionality of the Consumer Perceived Value of Product Colour. Helsinki: Edita Prima

Ltd

Mahnke, F.H. (1996): Color, Environment, and Human Response. New York: John Wiley & Sons, Inc

Morgan, T. (2008): Visual Merchandising – Window and In-Store Displays for Retail. London: Laurence King

Publishing

Mun, D. (1981): Shops: A Manual of Planning and Design. London: The Architectural Press

Nassar, M.M., (1988): Two Properties of Mixtures of Exponential Distributions. IEEE Trans. Raliab, Vol. 37

(4): pp 383–385

Purbasari, M, dkk. (2014): Analisis Asosiasi Kultural atas Warna. Humaniora, Vol. 5(1): pp 172-184

Santoso, S. (2010): Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Somoon, K, & Chumporn M. (2016) The Roles of Aesthetic and Cultural Perception Affected by Window Display of Thai crafts products to Increase Purchasing Intention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 234 : pp 55-63

Sugiyono, (2004): Metode penelitian Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabet

Tordiglione, S. (2015): First Impressions: Shopfront Design Ideas. Hong Kong: Design Media Publishing Limited

Widasati, A. (2011): Pengaruh Cahaya dan Warna pada Window Display terhadap Perilaku Pengunjung. Tesis: Institut Teknologi Bandung

Yildrim, K., Baskaya, A.A., & Hidayetoglu, L.M. (2007): The Effects of The Store Window Type on Consumer’s Perception and Shopping Attitudes Through the Use of Digital Pictures. G.U. Journal of Science, Vol, 20 (2): pp 33-40

Yoon, Eunju. (2012). Effects of Website Environmental Cues on Consumers’ Response and Outcome Behaviors. Tesis: University of Nebraska Zulganef. (2006): Pemodelan Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Bandung: Pustaka




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v6i1.3046

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d