PERANCANGAN POP UP STORE MON STUDIO

Rio Setia Monata

Abstract


Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini, membuat para pebisnis tertantang untuk bersaing secara lebih inovatif dengan memadukan konsep Pop-Up Store yang sesuai dengan brand mereka, interior dengan limited space ini merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan seorang pebisnis, untuk memudahkan pengguna dan juga mendatangkan lebih banyak pengunjung. Alasan lain yang penting dalam penggunaan konsep ini selain penggunaan yang portable, praktis, fungsional, dan efisien sehingga mampu memenuhi kebutuhan untuk sebuah temporary event. Pendekatan konsep perancangan Pop-Up Store dibuat dengan menggunakan metode design thinking, pendekatan perancangan yang kreatif dengan rangkaian tahapan yang membantu untuk memberikan ide dan mencari solusi dari permasalahan yang ada di lapangan. Proses tersebut dapat membantu untuk mengetahui cara yang sesuai dengan tahap desain yang dilalui seperti Discovery, Interpretation, Ideation, Experimentation dan Evolution.

Keywords


Pop-Up, Store, Konsep.

Full Text:

PDF

References


Agustin, Lisa. (2015). Perancangan Indoor Modular Booth. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Ambrose, Grafin & Paul Harris. (2010). Design Basic 08 Design Thinking. Singapore: AVA Book Production

Pte. Ltd.

Baras, Jeremy. (2015). Pop Up Republic: How To Start Your Own Successful Pop Up Space, Shop, or Restaurant.

New York: Wiley.

Brown, Tim. (2008). Design Thinking, June 2008, pp. 84-92. Havard Business Review.

D.K. Ching, Francis. (2002). Architectue, Space and Order. New York: Maxmillan Publishing Company.

Dohr, Joy & Portillo Margaret. (2011). Design Thinking for Interiors. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Gonzales, Melissa. (2014). The Pop Up Paradigm: How Brands Build Human Connections in A Digital Age. New York: Lioncrest Publishing.

Hakim, Rustam & Hadi Utomo. (2004). Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap: Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Desain. Jakarta: Bumi Aksara.

Norsig, Christina. (2011). Pop Up Retail: How You Can Master This Global Marketing Phenomenon. New York: Bauhaus Press.

Panero, Julius & Zelnik, Martin. (2003). Dimensi Manusia dan Ruang Interior. Jakarta: Erlangga.

Shepard, Judy. (2013). Small Stores no. 2. New York: RSD Publishing, Inc.

Thompson, Dan. (2012). Pop Up Business For Dummies. USA: For Dummies.

Weishar, Joseph. (1992). Design for Effective Selling Space. USA: Mc Graw Hill, Inc.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v6i1.3043

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d