Evaluasi Tata Ruang dan Fasilitas Ruang Studio Program Studi Desain Interior ISI Yogyakarta

Monica Apriliana, Martino Dwi Nugroho

Abstract


Tata ruang dan fasilitas studio desain memiliki pengaruh terhadap keberhasilan belajar mahasiswa.
Peningkatan jumlah mahasiswa desain interior ISI Yogyakarta dari tahun ke tahun membuat ruang
studio desain interior ISI Yogyakata membutuhkan evaluasi berkala terkait aspek fisik seperti tata
ruang dan fasilitas demi mendukung keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengevaluasi tata ruang, sirkulasi, kapasitas dan kelayakan fasilitas ruang pada salah satu ruang
studio di program studi desain interior ISI Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi ruang dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menilai tata ruang, kapasitas, sirkulasi dan
kelayakan fasilitas ruang studio berada pada rentang tidak hingga kurang baik. Penyesuaian
terhadap jumlah pengguna sesuai kapasitas ruang dan penjadwalan perkuliahan dengan sistem blok
dapat dipertimbangkan sebagai solusi terhadap permasalahan tata ruang dan sirkulasi, sedangkan
pembaruan dan penyesuaian fasilitas sesuai kebutuhan pengguna dapat digunakan sebagai salah
satu solusi terhadap permasalahan fasilitas dan kelayakan.

Keywords


Evaluasi, Tata Ruang, Fasilitas Ruang, Studio desain

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., & Baezzat, F. (2020). The Effect of layout on Educational Spaces Design to improve

academic and cognitive performance. 3(6), 30479.

Beckers, R., van der Voordt, T., & Dewulf, G. (2016). Learning space preferences of higher

education students. Building and Environment, 104, 243–252.

https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2016.05.013

Burgess, B., & Kaya, N. (2007). Gender differences in student attitude for seting layout in college

classrooms. College Student Journal, 41.

Cheryan, S., Ziegler, S. A., Plaut, V. C., & Meltzoff, A. N. (2014). Designing Classrooms to

Maximize Student Achievement. https://doi.org/10.1177/2372732214548677

Fairuza, N., Riska, A. S., & Kusuma, H. E. (2021). Tiga Belas Aspek Pertimbangan Perancangan

Studio Arsitektur : Kelebihan dan Kekurangan Thirteen Consideration Aspects in Designing

Architecture Studio Room : Studio ’ s Strengths and Weaknesses. 10(10), 169–179.

Lina, H. M. (2021). Desember 2021 | 199 | Diterima 25 Juli 2021 | Disetujui 26 Desember 2021 |

Diterbitkan. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 10(4), 199–206.

Listiani, N. . (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran

Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi

Pendidikan Dan Kewirausahaan.

Menteri Riset, Teknologi, D. P. T. R. I. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan

Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional

Pendidikan Tinggi.

Nicol, D., & Pilling, S. (2000). Changing Architectural Education. Taylor and Francis Publication.

Obeidat, A., & Al-share, R. (2016). Quality Learning Environments : Design-Studio Classroom

Quality Learning Environments : Design-Studio Classroom. June 2012.

https://doi.org/10.5539/ach.v4n2p165

Sumartono, M. (2012). Pengalaman Mahasiswa Dalam Proses Belajar-Mengajar Di Dalam Ruang:

Sebuah Kajian Fenomenologis. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan & Perancangan

Desain Interior, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.24821/lintas.v2i2.23




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v12i2.13931

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d