Evaluasi Tata Ruang dan Fasilitas Ruang Studio Program Studi Desain Interior ISI Yogyakarta
Abstract
Peningkatan jumlah mahasiswa desain interior ISI Yogyakarta dari tahun ke tahun membuat ruang
studio desain interior ISI Yogyakata membutuhkan evaluasi berkala terkait aspek fisik seperti tata
ruang dan fasilitas demi mendukung keberhasilan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah
mengevaluasi tata ruang, sirkulasi, kapasitas dan kelayakan fasilitas ruang pada salah satu ruang
studio di program studi desain interior ISI Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi ruang dan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden menilai tata ruang, kapasitas, sirkulasi dan
kelayakan fasilitas ruang studio berada pada rentang tidak hingga kurang baik. Penyesuaian
terhadap jumlah pengguna sesuai kapasitas ruang dan penjadwalan perkuliahan dengan sistem blok
dapat dipertimbangkan sebagai solusi terhadap permasalahan tata ruang dan sirkulasi, sedangkan
pembaruan dan penyesuaian fasilitas sesuai kebutuhan pengguna dapat digunakan sebagai salah
satu solusi terhadap permasalahan fasilitas dan kelayakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, F., & Baezzat, F. (2020). The Effect of layout on Educational Spaces Design to improve
academic and cognitive performance. 3(6), 30479.
Beckers, R., van der Voordt, T., & Dewulf, G. (2016). Learning space preferences of higher
education students. Building and Environment, 104, 243–252.
https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2016.05.013
Burgess, B., & Kaya, N. (2007). Gender differences in student attitude for seting layout in college
classrooms. College Student Journal, 41.
Cheryan, S., Ziegler, S. A., Plaut, V. C., & Meltzoff, A. N. (2014). Designing Classrooms to
Maximize Student Achievement. https://doi.org/10.1177/2372732214548677
Fairuza, N., Riska, A. S., & Kusuma, H. E. (2021). Tiga Belas Aspek Pertimbangan Perancangan
Studio Arsitektur : Kelebihan dan Kekurangan Thirteen Consideration Aspects in Designing
Architecture Studio Room : Studio ’ s Strengths and Weaknesses. 10(10), 169–179.
Lina, H. M. (2021). Desember 2021 | 199 | Diterima 25 Juli 2021 | Disetujui 26 Desember 2021 |
Diterbitkan. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 10(4), 199–206.
Listiani, N. . (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran
Produktif Pemasaran Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi
Pendidikan Dan Kewirausahaan.
Menteri Riset, Teknologi, D. P. T. R. I. (2015). Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan
Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional
Pendidikan Tinggi.
Nicol, D., & Pilling, S. (2000). Changing Architectural Education. Taylor and Francis Publication.
Obeidat, A., & Al-share, R. (2016). Quality Learning Environments : Design-Studio Classroom
Quality Learning Environments : Design-Studio Classroom. June 2012.
https://doi.org/10.5539/ach.v4n2p165
Sumartono, M. (2012). Pengalaman Mahasiswa Dalam Proses Belajar-Mengajar Di Dalam Ruang:
Sebuah Kajian Fenomenologis. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan & Perancangan
Desain Interior, 2(2), 45–52. https://doi.org/10.24821/lintas.v2i2.23
DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v12i2.13931
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN 1978-0702 (media cetak) | ISSN 2580-6521 (media online)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.