Penilaian Pengguna terhadap Kualitas Fisik Bangunan Program Studi Desain Interior ISI Yogyakarta

Mutia Nurdina, Martino Dwi Nugroho, Rachmat Hidayat

Abstract


Pertumbuhan signifikan dalam jumlah peminat Prodi Desain Interior ISI Yogyakarta sebaiknya diimbangi dengan pemenuhan kebutuhan ruang dan bangunan yang lebih berkualitas. Kualitas fisik bangunan dapat ditingkatkan dengan perbaikan aspek kenyamanan termal, kualitas udara, pencahayaan, tingkat kebisingan, dan keamanan. Peningkatan kualitas fisik pada bangunan pendidikan akan meningkatkan performa mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas fisik bangunan, agar ditemukan faktor fisik yang perlu ditingkatkan kualitasnya. Metode kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan melakukan pengukuran faktor fisik pada ruang kelas dan bangunan. Selain itu, penilaian kualitas fisik dilakukan melalui kuesioner yang diisi oleh responden. Data pengukuran faktor fisik akan dianalisis dengan analisis statistik. Selanjutnya, data tersebut akan dikaitkan dengan hasil penilaian kuesioner, sehingga akan diketahui masalah hubungan antara variabel berupa faktor fisik bangunan dengan kualitas bangunan yang dirasakan responden. Hasil temuan menunjukkan kualitas fisik ruang dan bangunan rata-rata mendapat nilai 3 dari skala 1 sampai 5. Aspek sirkulasi udara, pencahayaan, dan keamanan dari kebakaran mendapat nilai kurang dari 3, sehingga aspek tersebut perlu ditingkatkan kualitasnya. Hal ini akan memberikan dampak positif terhadap lingkungan belajar dan kualitas pendidikan secara keseluruhan.


Keywords


penilaian bangunan, kualitas bangunan, kenyamanan manusia, bangunan pendidikan, kampus seni

Full Text:

PDF

References


Bakmohammadi, P., Noorzai, E. (2020). Optimization of the Design of the Primary School Classrooms in Terms of Energy and Daylight Performance Considering Occupants’ Thermal and Visual Comfort. Energy Rep. 6, 1590–1607.

Barbhuiya, S., Barbhuiya, S. (2013). Thermal Comfort and Energy Consumption in a UK Educational Building. Build. Environ. 68, 1–11.

Barrett, P., Davies, F., Zhang, Y., Barrett, L. (2015). The Impact of Classroom Design on Pupils’ Learning: Final Results of a Holistic, Multi-Level Analysis. Build. Environ. 89, 118–133.

Chitaru, G.M., Istrate, A., Catalina, T. (2019). Numerical Analysis of the Impact of Natural Ventilation on the Indoor Air Quality and Thermal Comfort in a Classroom. E3S Web Conf. 111, 01023.

Choi, S., Guerin, D., Kim, H., Brigham, J.K., Bauer, T.A. (2013-2014). Indoor Environmental Quality of Classrooms and Student Outcomes: A Path Analysis Approach. J. Learn. Spaces. 2.

Costa, M.L., Freire, M.R., Kiperstok, A. (2019). Strategies for Thermal Comfort in University Buildings-The Case of the Faculty of Architecture at the Federal University of Bahia, Brazil. J. Environ. Manag. 239, 114–123.

Da Luza, I. M., Niza, I.L., dan Broday, E. E. (2023). the Use of Cluster Analysis to Assess Thermal Comfort in University Classrooms, Federal University of Technology - Parana (UTFPR), Brazil. DOI: 10.1051/e3sconf/202339601105, E3S Web of Conferences.

Dempsey, N. (2008). Quality of the Built Environment in Urban Neighbourhoods. Planning Practice and Research, 23:2, 249-264. DOI: 10.1080/02697450802327198

Fong, M.L., Hanby, V., Greenough, R., Lin, Z., Cheng, Y. (2015). Acceptance of Thermal Conditions and Energy Use of Three Ventilation Strategies with Six Exhaust Configurations for the Classroom. Build. Environ. 94, 606–619.

Kiil, M., Simson, R., de Luca, F., Thalfeldt, M., Kurnitski, J. (2019). Overheating and Daylighting Evaluation for Free-Running Classroom Designs. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering; IOP Publishing: Bristol, UK. Volume 352, p. 012059.

Lamberti, G., Leccese, G.S., Francesco, Fantozzi, F., Bluyssen, P. M. (2001). Advancement on Thermal Comfort in Educational Buildings: Current Issues and Way Forward. Belanda. MPDI Journal : Special Issue Buildings of Tomorrow: Goals and Challenges for Design and Operation of High-Performance Buildings

Leccese, F., Rocca, M., Salvadori, G., Belloni, E., Buratti, C. (2021). Towards a Holistic Approach to Indoor Environmental Quality Assessment: Weighting Schemes to Combine Effects of Multiple Environmental Factors. Energy Build. 245, 111056.

Liu, Y., Jiang, J., Wang, D., Liu, J. (2016). Indoor and Built Environment 26 (5), 662-679.

Schweiker, M., Ampatzi, E., Andargie, M.S., Andersen, R.K., Azar, E., Barthelmes, V.M., Berger, C., Bourikas, L., Carlucci, S., Chinazzo, G., et al. (2020). Review of Multi-domain Approaches to Indoor Environmental Perception and Behaviour. Build. Environ. 176, 106804.

Wang, D., Song, C., Wang, Y., Xu, Y., Liu, Y., Liu, J. (2020). Experimental Investigation of the Potential Influence of Indoor Air Velocity on Students’ Learning Performance in Summer Conditions. Energy Build. 219, 110015

Wargocki, P., Wyon, D. (2007). HVAC&R Research 13,165–191.

https://www.ace-cae.eu/. Diakses 9 Februari 2024 pukul 23.20 WIB.

Zomorodian, Z.S., Tahsildoost, M., Hafezi, M. (2016). Thermal Comfort in Educational Buildings: A Review Article. Renew. Sustain. Energy Rev. 59, 895–906.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v11i2.12317

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d