Pengaruh Elemen Visual pada Ruang Mini Museum Atsiri Sarinah Jakarta terhadap Pengalaman Pengunjung

Chintya Sagita Goestien, Dianing Ratri, Andriyanto Wibisono

Abstract


Museum berperan penting dalam memberikan edukasi serta mewariskan nilai-nilai kehidupan masa lampau dan memiliki manfaat tambahan untuk rekreasi, sosialisasi, dan relaksasi. Ruang museum dapat memberikan pengalaman ruang yang baru, pengalaman ini terbentuk dari tampilan visual dan unsur interaktif yang disajikan. Salah satunya di ruang mini museum Atsiri di Sarinah Jakarta yang menampilkan visualisasi beragam, menyajikan unsur interaktif seperti penerapan teknologi dan instalasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh elemen visual terhadap pengalaman pengunjung dan mengidentifikasi pengaruh faktor engagement, transaction, excitement, dan positioning terhadap pengalaman visual. Metode yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan parameter VISUALSCAPE, dilakukan melalui kuesioner kepada pengunjung dengan total responden yaitu 40 orang. Hasil penelitian membuktikan bahwa elemen visual memiliki pengaruh terhadap pengalaman pengunjung dan faktor engagement, transaction, excitement, dan positioning memiliki pengaruh terhadap terhadap pengalaman visual.

Keywords


elemen visual, ruang museum, pengalaman pengunjung

Full Text:

PDF

References


Bagdare, S., & Roy, S. (2016). VISUALSCAPE: A Scale to Measure Visual Experience in Retailing. Journal of Services Marketing Quarterly, 272-287.

Başyazıcı, B. (2012). A Phenomenological Study of Sensual Space Experiences in Terms of Architectural Pleasurability: A Critique of Visual Dominance. Tesis Program Magister: Yeditepe University.

Gunawan, J. A., Yong, S., & Rakhmawati, A. (2020). Kajian Sensory/Panca Indra pada Interior Bangunan Heritage Kafe di Surabaya. Jurnal Desain Interior, 11-22.

Holz, H. C. (2011). Sensory Architecture: Redefining How One Interprets Space. Tesis Program Magister: North Dakota State University.

Janna, N. M., & Herianto, H. (2021, January 22). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 38-55.

Monica, F., Tulistyantoro, L., & Mulyono, H. (2022). Analisa Peran Desain Interior Dalam Menunjang Minat Pengunjung Untuk Revisit Kafe Redback dan Common Grounds Surabaya. Lintas Ruang, 106-118.

Riska, A. S. (2016). Peran Panca Indra dalam Pengalaman Ruang. Prosiding Temu Ilmiah IPLBI, 7-14.

Sari, S. M. (2005). Implementasi Pengalaman Ruang dalam Desain Interior. Dimensi Interior, 165-176.

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. Jakarta: Uki Press.

Suroto, P. Z., Dewantara, M. H., & Wiradarmo, A. A. (2020). The Application of Technology in Museums. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, 170-181.

Wulandari, A. A. A. (2014). Dasar-dasar Perencanaan Interior Museum. Jurnal Humaniora, 246-257.




DOI: https://doi.org/10.24821/lintas.v11i2.10581

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 1978-0702 (media cetak)   |  ISSN 2580-6521 (media online)

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional. dana4d