BASIR BELIAN
Abstract
Gerak dasar dalam karya tari ini banyak terinspirasi dari gerak-gerak tradisi Kalimantan Tengah dengan kualitas gerak keras sebagai penggambaran sisi maskulin laki-laki Dayak dan kualitas gerak lembut visual dari roh gaib yang memiliki sifat feminin. Motif vibrasi dan stakato yang dipadukan dengan beberapa gerak tradisi Kalimantan Tengah menghasilkan beragam motif gerak baru yang memperkaya garapan ini. Selain itu aktivitas yang terjadi dalam sebuah upacara ritual melengkapi dramatisasi yang dibangun dari awal hingga akhir tarian.
Karya tari Basir Belian disajikan dalam garap koreografi kelompok besar, sembilan penari laki-laki dengan format musik live music dipentaskan di proscenium stage Jurusan Tari ISI Yogyakarta. Tata rias dan busana merupakan hasil kreasi penata yang tetap mengacu pada bentuk asli dari tata rias dan busana yang dikenakan Belian Bancir pada saat upacara ritual.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Sumber Tercetak
Fakih, Mansour. 2016. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Insist Press.
Hadi, Y. Sumandiyo. 2003. Aspek-Aspek Dasar Koreografi Kelompok. Yogyakarta: Elkaphi.
. 2006. Seni dalam Ritual Agama. Yogyakarta: Pustaka.
. 2007Kajian Tari Teks dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
. 2011. Koreografi (Bentuk–Teknik–Isi). Yogyakarta: Cipta Media.
. 2012. Seni Pertunjukan Masyarakat dan Penonton. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Haryanto. 2016. Musik Suku Dayak: Sebuah Perjalanan di Pedalaman Kalimantan. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Heriyawati, Yanti. 2016. Seni Pertunjukan dan Ritual. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Humprey, Doris., The Art of Making Dance. Terjemahan Sal Murgiyanto, 1983. Seni Menata Tari, Dewan Kesenian Jakarta.
Ihromi, T.O. 1999. Pokok-Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Martono, Hendro. 2008. Sekelumit Rupa Pentas. Yogyakarta: Cipta Media
. 2010. Mengenal Tata Cahaya Pertunjukan. Yogyakarta: Cipta Media.
. 2015. Ruang Pertunjukan dan Berkesenian. Yogyakarta: Cipta Media.
Meri, La. 1975, Terjemahan R.M. Soedarsono, Elemen-Elemen Dasar Komposisi Tari. Yogyakarta : Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Nuraini, Indah. 2011. Tata Rias dan Busana Wayang Orang Gaya Surakarta. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta.
Riwut, Tjilik. 2003. Tjilik Riwut Sanaman Mantikei. Manaser Panatau Satu Hiang: Alam dan Kebudayaan, Palangka Raya: Pusaka Lima.
. 2007. Kalimantan Membangun Alam dan Kebudayaan. Yogyakarta: NR Publishing.
Riwut, Nila. 2011. Bawin Dayak: Function, and Roles of Dayaknese Woman. Yogyakarta: NR. Publishing.
. 2012. Sanaman Lampang (Besi Mengambang) Kisah Seputar Kehidupan Tjilik Riwut. Yogyakarta: NR. Publishing
Royce, Anya Peterson. 1980. The Antropology of Dance. First MidlandBbook Edition, terjemahan. F.X. Widaryanto. 2007. Antropologi Tari. Bandung: STSI Press Bandung.
Smith, Jacqueline. 1976. Dance Compesition: A Practical Guide for Teachers. London: Lepus Book, terjemahan Ben Suharto. 1985. Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Yogyakarta: Ikalasti.
Soedarsono, R.M. 2002. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
SP, Soedarso, 2006. Trilogy Seni, Penciptaan, Eksistensi, dan Kegunaan Seni. Yogyakarta: BP ISI Yogyakarta.
Sumaryono. 2011. Antropologi Tari dalam Perspektif Indonesia. Yogyakarta: Media Kreativa.
Warsito, R.H. 2015. Antropologi Budaya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Yudiarni, et al. 2017. Karya Cipta Seni Pertunjukan. Yogyakarta: JB Publisher bekerjasama dengan FSP ISI Yogyakarta.
Zaman, Budhy K. 2016. Sejarah Sukamara. Yogyakarta: Bulaksumur.
B. Sumber Lisan
Nama : Janggot Jaeng
Umur : 96 tahun
Pekerjaan : petani ladang dan seorang belian
Nama : Sangsing
Umur : 87 tahun
Pekerjaan : ibu rumah tangga dan seorang Belian perempuan
Nama : Yanti
Umur : 35 tahun
Pekerjaan : ibu rumah tangga
C. Discografi
Ritus Maratus karya Budi Jaya Habibi
Tariu Galang karya Mega Silalahi
D. Webtografi
beriam.blogspot.com
youtube.com
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v9i2.2545
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats