MEDOMBO
Abstract
Karya tari ini menggunakan tipe tari dramatik dengan mengangkat suasana prosesi dalam ritual Mamang. Berkaitan dengan konsep, pilihan bentuk karya dan tema yang dipilih adalah prosesi ritual Mamang, merupakan upacara yang dilaksanakan pada penggarapan padi dalam sistem ladang berpindah. Koreografer memvisualisasikan sebuah karya koreografi kelompok dengan penari yang berjumlah sepuluh orang penari terdiri dari lima penari laki-laki terbagi menjadi tiga orang penari laki-laki sebagai peladang laki-laki dan dua orang penari laki-laki sebagai simbolisasi padi dan Mulung atau dukun, serta lima penari perempuan terdiri dari tiga orang penari perempuan sebagai peladang perempuan dan dua orang penari perempuan sebagai Dewi Sri lambang kesuburan atau simbolisasi padi dan Penggading/Itak Pare atau pembantu dukun.
Bentuk penyajian dalam karya ini adalah simbolis representasional dengan menggunakan properti tari berupa gelang atau gitang sebagai pendukung suasana sakral dan penyampaian pesan pada ritual tersebut. Penggunaan properti gitang dikomposisikan dengan memperhatikan aspek ruang, waktu dan tenaga pada karya ini. Keberhasilan karya ini didukung oleh banyak pihak dan elemen-elemen yang mempengaruhi diantaranya musik, artistik, pencahayaan, tata suara serta rias dan busana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR SUMBER ACUAN
A. Sumber Tercetak
Hadi, Y. Sumandiyo. (2003), Aspek-Aspek Dasar Karya Tari Kelompok, Manthili, Yogyakarta.
________________. (2006), Seni dalam Ritual Agama, Pustaka, Yogyakarta.
________________. (2007), Kajian Tari Teks dan Konteks, Pustaka Book Publisher, Yogyakarta.
________________. (2011), Koreografi: Bentuk Teknik Isi, Cipta Media, Yogyakarta.
Haryanto. (2015), Musik Suku Dayak Sebuah Catatan Perjalanan di Pedalaman Kalimantan, Badan Penerbit ISI Yogyakarta, Yogyakarta.
Hawkins, Alma M. (1998), Creating Trough Dance, diterjemahkan Y. Sumandiyo Hadi berjudul Mencipta Lewat Tari (2003), Manthili, Yogyakarta.
Kuntowijoyo. (2013), Pengantar Ilmu Sejarah, Tiara Wacana, Yogyakarta.
Kusmayanti, A.M. Hermien. (1990), Makna Tari Dalam Upacara di Indonesia, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.
Martono, Hendro. (2008), Sekelumit Ruang Pentas Modern dan Tradisi, Cipta Media, Yogyakarta.
_____________. (2010), Mengenal Tata Cahaya Seni Pertunjukan, Cipta Media, Yogyakarta.
_____________. (2012), Ruang Pertunjukan dan Ruang Berkesenian, Cipta Media, Yogyakarta.
Purwana, Bambang H. Suta. (2006), Kebudayaan Masyarakat Paser Di Kabupaten Pasir Propinsi Kalimantan Timur, Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Pontianak, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Pontianak
Riwut Tjilik. (2007) Kalimantan Membangun Alam dan Kebudayaan, NR Publishing, Yogyakarta.
Riwut, Nila. (2003) Maneser Panatau Tatu Hiang Menyelami Kekayaan Leluhur, Pusakalima, Palangkaraya.
Sedyawati, Edi. (1981), Pertumbuhan Seni Pertunjukan, Sinar Harapan, Jakarta.
Smith, Jacqueline. (1976), Dance Composition, A Practical Guide For Teachers, diterjemahkan Ben Suharto berjudul Komposisi Tari Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru (1985), IKALASTI, Yogyakarta
Soedarsono R.M, (2002), Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta
B. Narasumber
Gemari (64th), Kepada Adat Desa Brewe, Kecamatan Longikis, Kabupaten Paser
Inggong (63th), Kepala Adat Desa Laburan, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser
M. Yunus Abidin (64th), Pengamat Seni Paser, Tanah Grogot, Kabupaten Paser
Nahel (75th), Mulung Desa Laburan, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser
Rudy Nuriansyah (33th), Ketua Yayasan Sadurengas, Tanah Grogot, Kabupaten Paser
Rusidah Agustina (31th), berprofesi sebagai staff Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Paser
C. Discografi
Tugas Akhir Penciptaan Tari, “Tariu Galang”, Mega Lestari Silalahi, 2012
Tugas Akhir Penciptaan Tari, “Leto Manyam Kalong”, Marsiti Jufalis, 2015
Tugas Akhir Penciptaan Tari, “Tatag De Penyawo”, Usman Najrid Maulana, 2013.
D. Webtografi
https://kandilo.wordpress.com/kabupaten-paser
DOI: https://doi.org/10.24821/joged.v9i2.2543
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats