Perancangan Game Pengenalan Mata Kuliah Multimedia Sebagai Media Promosi Program Studi Pendidikan Multimedia

Aqil Fadhilah, Dian Rinjani

Abstract


Kata multimedia sudah menjadi sebuah istilah umum bagi masyarakat yang menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Sering sekali masyarakat mengira bahwa kata multimedia hanya sebatas sebuah foto dan video yang digabungkan. Pernyataan tersebut tidaklah salah, namun multimedia tidak hanya sebatas itu saja. Melihat berkembangnya ranah multimedia ini dan timbulnya kesadaran bahwa multimedia dibutuhkan dewasa ini membuat munculnya program studi di jenjang SMK maupun di pendidikan tinggi. Salah satunya ialah program studi Pendidikan Multimedia yang dibentuk Universitas Pendidikan Indonesia di kampus Cibiru pada tahun 2018. Penelitian ini dibuat untuk mengenalkan dunia multimedia pada siswa SMA/SMK secara khusus dan kepada masyarakat secara umum. Penelitian menggunakan desain  R&D bermodel ADDIE sampai tahap perancangan. Penelitian ini merupakan penelitian yang belum selesai secara utuh karena media ini belum diuji di lapangan karena keterbatasan waktu penelitian.


Keywords


promosi; game; multimedia; pendidikan

References


Al-Azawi, R., Al-Faliti, F., & Al-Blushi, M. (2016). Educational gamification vs. game based learning: Comparative study. International journal of innovation, management and technology, 7(4), 132-136.

Becker, K. (2010). Distinctions between games and learning: A review of current literature on games in education. Gaming and cognition: Theories and practice from the learning sciences, 22-54.

Butcher, K. R. (2014). The multimedia principle. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 174–205). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369.010

Cairncross, S., & Mannion, M. (2001). Interactive multimedia and learning: Realizing the benefits. Innovations in education and teaching international, 38(2), 156-164.

Gros, B. (2007). Digital games in education: The design of games-based learning environments. Journal of research on technology in education, 40(1), 23-38.

Li, Z. N., Drew, M. S., & Liu, J. (2004). Fundamentals of multimedia (pp. 253-265). Upper Saddle River (NJ):: Pearson Prentice Hall.

Pratama, W. (2014). Game Adventure Misteri Kotak Pandora. Telematika, 7(2).

Squire, K. D. (2008). Video games and education: Designing learning systems for an interactive age. Educational technology, 17-26.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v10i1.8573

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Aqil Fadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats