Game Onet Anak Kewan Sebagai Media Pengenalan Nama-Nama Anak Hewan dalam Bahasa Jawa

Biansa Akmil Fata, Tri Anggraeni

Abstract


Saat ini banyak orang di Pulau Jawa yang tidak lagi menggunakan Bahasa Jawa atau lebih menggunakan Bahasa Indonesia. Muncul kekhawatiran Bahasa Jawa akan semakin ditinggalkan. Bahasa Jawa dapat dikenalkan, diajarkan, atau disosialisasikan dengan game. Hal ini mendorong perlu dibuatnya game “Onet Anak Kewan”. Penciptaan game ini dilakukan melalui 3 tahap, yaitu pra-poduksi, produksi, dan pasca produksi. Game ini memuat materi yang berisi pengenalan nama-nama anak hewan dalam Bahasa Jawa yang disampaikan dengan bentuk teks, visual, audio, dan gameplay. Dalam game ini, pemain harus mengeklik kartu anak dan induk hewan yang bersesuaian hingga semua kartu terklik. Terdapat 3 stage yang dibuat berdasarkan jenis makanan hewan: herbivora, karnivora, dan omnivora. Hasil uji coba menunjukkan bahwa game ini dapat menjadi media pengenalan dan media bantu untuk menghafalkan nama-nama anak hewan dalam Bahasa Jawa. Dengan adanya game ini, diharapkan pengenalan Bahasa Jawa dapat menjadi lebih menarik dan dilakukan oleh lebih banyak orang.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.6824

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Biansa Akmil Fata, Tri Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats