RPSG-A : Desain Role Playing Serious Game untuk Pelatihan Adaptasi di Lingkungan Baru

Diny Syarifah Sany, Muhammad Fikriansyah

Abstract


Keterikatan teknologi dan kehidupan masyarakat sudah sulit dipisahkan salah satunya terhadap permainan digital. Permainan bermain peran merupakan salah satu genre game yang memainkan peran di dalam game sehingga pemain memposisikan dirinya sebagai karakter virtual tersebut. Permasalahan lain terjadi pada masyarakat adalah cepatnya perubahan yang terjadi di dunia baik perubahan lingkungan, sosial, teknologi dan sebagainya yang membuat masyarakat harus cepat beradaptasi. Permainan serius sudah digunakan diberbagai bidang untuk menunjang tujuan yang lebih serius selain menghibur. Meskipun banyak penelitian mengenai permainan serius, namun masih sedikit penelitian yang membahas mengenai desain pengembangan permainan serius yang mampu membantu penggunanya dalam membantu melakukan adaptasi terhadap lingkungan barunya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain game yang dapat digunakan untuk mengembangkan game pelatihan untuk adaptasi. Desain game ini diberinama RPSG-A (Role Playing Serious Game for Adaptation). Pengujian desain RPSG-A dilakukan dengan membangun game untuk adaptasi kebiasaan covid-19, game ini dibuat dengan menggunakan desain RPSG-A. Pembuatan game ini dilakukan untuk melihat efek yang dihasilkan dari game yang dibuat dengan menggunakan desain RPSG-A. Setelah melakukan pengujian game dengan melakukan pre-test dan post-test terhadap pemain, dihasilkan game yang dibangun menggunakan desain RPSG-A memberikan efek positif dalam peningkatan terhadap adaptasi di lingkungan baru. Sehingga desain RPSG-A yang diusulkan dapat digunakan untuk pengembangan game untuk pelatihan adaptasi di lingkungan baru.

Keywords


permainan serius, permainan bermain peran; adaptasi; permainan pelatihan

References


Anolli, L. et al. (2010) ‘Emotions in serious games: From experience to assessment’, International Journal of Emerging Technologies in Learning, 5(SPECIAL ISSUE 2), pp. 7–16. doi: 10.3991/ijet.v5s3.1496.

Furuichi, M., Aibara, M. and Yanagisawa, K. (2014) Design and implementation of serious games for training and education, 2014 UKACC International Conference on Control, CONTROL 2014 - Proceedings. doi: 10.1109/CONTROL.2014.6915223.

Garneli, V., Patiniotis, K. and Chorianopoulos, K. (2021) ‘Designing Multiplayer Serious Games with Science Content’, Multimodal Technologies and Interaction . doi: 10.3390/mti5030008.

Haryanto, H. et al. (2021) ‘Model Appreciative Learning untuk Perancangan Aktivitas dalam Serious Game Mitigasi Bencana’, Journal of Animation and Games Studies, 7(2), pp. 101–116. doi: 10.24821/jags.v7i2.4864.

N. F. Noy, and D. L. M. (2001) ‘Ontology development 101: A guide to creating your first ontology’, Stanford Medical Informatics.

Nations, U. (2009) ‘Terminology on Disaster Risk Reduction’, Geneva, Switzerland: United Nations International Strategy for Disaster Reduction.

Perencanaan, K. et al. (2020) ‘Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia’, Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), pp. 240–252. doi: 10.36574/jpp.v4i2.118.

Ployhart, R. E., and Bliese, P. D. (2006) ‘Individual adaptability (I-ADAPT) theory: conceptualizing the antecedents, consequences, and measurement of individual differences in adaptability’, n Understanding Adaptability: A Prerequisite for Effective Performance Within Complex Environment, 6.

Pojani, D. and Rocco, R. (2020) ‘Edutainment: Role-Playing versus Serious Gaming in Planning Education’, Journal of Planning Education and Research, p. 0739456X2090225. doi: 10.1177/0739456X20902251.

Rodela, R., Ligtenberg, A. and Bosma, R. (2019) ‘Conceptualizing serious games as a learning-based intervention in the context of natural resources and environmental governance’, Water (Switzerland), 11(2). doi: 10.3390/w11020245.

Sany, D. S. and Nurbaiti, A. (2021) ‘Desain Trivia Game untuk Latihan Assessment Kompetensi Minimum Tradisional pada Matematika Kelas V SD’, Media Jurnal Informatika, 13(2), pp. 52–56. Available at: https://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika/article/view/1893%0Ahttps://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika/article/download/1893/1507.

Sany, D. S. and Zikri, F. (2021) ‘Perancangan Skenario Adaptif untuk Reward pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring menggunakan Finite State Machine’, Media Jurnal Informatika, 13(1), p. 12. doi: 10.35194/mji.v13i1.1485.

Zamani, W. N. N. M. and Ayub, A. F. M. (2018) ‘The Development of SightHeart: A Gamified Serious Game Training Tool for Analytical Skills and Values Internalization’, International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(14), pp. 463–471. doi: 10.6007/ijarbss/v7-i14/3682.

Zhao, S. et al. (2021) ‘Player Behavior Modeling for Enhancing Role-Playing Game Engagement’, IEEE Transactions on Computational Social Systems, 8(2), pp. 464–474. doi: 10.1109/TCSS.2021.3052261.

Zhou, M. and Lin, W. (2016) ‘Adaptability and life satisfaction: The moderating role of social support’, Frontiers in Psychology, 7(JUL), pp. 1–7. doi: 10.3389/fpsyg.2016.01134.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i1.6024

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Diny Syarifah Sany, Muhammad Fikriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats