Multimedia Interaktif Mengenal Pahlawan Nasional Indonesia

Arri Novrizal, Wandah Wibawanto, Rahina Nugrahani

Abstract


Pengenalan pahlawan nasional merupakan materi tematik yang terdapat pada kurikulum 2013 revisi 2017 untuk Sekolah Dasar. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi media pembelajaran yang lebih menarik untuk mengenalkan pahlawan nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif berjudul “Pahlawan Nasional Indonesia”. Metode perancangan menggunakan teknik agile development dengan urutan proses: pra produksi, proses produksi, dan pasca produksi. Perancangan game pembelajaran interaktif ini menghasilkan media pembelajaran interaktif yang dilengkapi dengan informasi dalam bentuk audio visual dengan pendekatan gambar kartun. Fitur-fitur dalam game pembelajaran interaktif ini berupa pilihan Pahlawan Nasional, Ayo Bernyanyi dan Belajar tentang pahlawan, dan beberapa permainan terkait pahlawan nasional. Hasil dari testing phase dalam ruang lingkup kecil menunjukkan bahwa media sangat efektif dalam mengenalkan pahlawan nasional.

Keywords


multimedia; pahlawan nasional; interaktif

References


Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Khazanah Pendidikan 3(2).

Ardhiyani, J., & Bachtiar, A. M. (2014). Analisis user interface media pembelajaran pengenalan kosakata untuk anak tunarungu. Makassar: Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI).

Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dick, W., dan Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collin Publishers.

Janottama, I. P. dan Putraka, A. N. (2017). Gaya dan Teknik Perancangan Pada Cerita Rakyat Bali. SEGARA WIDYA. 5, 25-41

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Journal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1), 19-35

Novaliendry, D. (2013). Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Vol 6, 106-118

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibawanto, W. (2018). Desain Antarmuka (user interface) pada Game Edukasi. Imajinasi. Jurnal Seni 12(2), 133-140.

Yulhijra, S. S. (2013). Perancangan Komunikasi Visual Perangko Seri Pahlawan Nasional Provinsi Sumatera Barat. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v8i1.4979

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Wandah Wibawanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats