Perancangan Boardgame dengan Sumber Gagas Cerita Rakyat Timun Mas

Andy D Dirgantara, Donnie B Wijaksana

Abstract


Penelitian ini merancang sistem mekanika permainan yang mampu menyampaikan nilai moral pada cerita rakyat kedalam pengalaman bermain. Tujuan khusus yang ingin dicapai adalah pengembangan teknik transformasi media komunikasi cerita verbal ke dalam media bahasa tutur eksperiensial sebagai upaya untuk menjaga kelangsungan hidup budaya Indonesia. Target luaran dari penelitian ini adalah purwarupa board game. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik eksperimen visual dan media, observasi perilaku bermain, dan diskusi kelompok terarah terapan gameplay pada permainan.

Kegiatan penelitian dibagi dalam lima tahapan, setiap tahap bertujuan untuk memformulasikan unsur-unsur yang ada dalam permainan. Tahap pertama merupakan proses pemetaan nilai moral yang akan menjadi tujuan akhir perancangan. Tahap kedua menterjemahkan nilai tersebut menjadi mekanika permainan yang akan di terapkan pada perangkat permainan. Tahap ketiga mengujicobakan tata cara bermain yang mengoptimalkan penggunaan perangkat. Tahap keempat menyempurnakan gameplay dan penerapan tema visual untuk pembangunan purwarupa. Tahap kelima melaksanakan beta testing untuk menyelaraskan tujuan permainan, tata cara bermain dan tema visual, sehingga pemain dapat merasakan sendiri pengalaman yang mendasari nilai moral pada cerita rakyat. Akhir dari penelitian ini menghasilkan purwarupa dan kemasan siap cetak yang dapat menjadi produk kreatif asli buatan Indonesia.


Full Text:

ABSTRAK FULLTEXT

References


Board Game Mechanics. (2017). www.boardgamegeek.com. Diakses tanggal 15 September 2017

Hunicke, Robin, Marc LeBlanc dan Robert Zubek. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. Game Developers Conference. San Jose.

Koster, Raph. (2005). A Theory of Fun for Game Design. Arizona, Paraglyph Press.

Nasin, (2009). Kajian Struktur, Nilai Budaya, Dan Konteks Cerita Rakyat Masyarakat Panjalu Ciamis :Penyusunan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S2 thesis, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24821/jags.v4i1.1786

Article Metrics

Abstract view : 0 times
ABSTRAK - 0 times FULLTEXT - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Animation & Games Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Animation and Games Studies (JAGS) - ISSN 2460-5662 (print) || 2502-499X (online)

Visitor Number  : View JAGS Stats