Kendala Mahasiswa Baru dalam Mengikuti Perkuliahan Gitar Klasik pada Tingkat Perguruan Tinggi

Rhoyda Nhovriana Situngkir, Andre Indrawan, Umilia Rokhani

Abstract


Mahasiswa baru program Sarjana di Jurusan Musik umumnya menghadapi kendala dalam mengikuti kuliah gitar klasik karena sebelumnya tidak pernah mempelajari instrument tersebut secara formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang di alami mereka dan mencari kemungkinan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan informasi dari beberapa mahasiswa aktif gitar klasik yang menghadapi kendala tersebut. Hasil penelitian ini adalah informasi tentang kendala yang mereka hadapi, kemungkinan penyebabnya, dan solusi dari perspektif mahasiswa. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh fakta bahwa seluruh responden tidak bisa membaca not balok sehingga kemandirian dalam mempelajari materi kuliah sangat minim. Guna mengatasi masalah tersebut mereka berkonsultasi kepada para senior. Masalah tersebut sedikit demi sedikit teratasi karena terbantu oleh kuliah-kuliah teori musik dan solfegio. Sebagai kesimpulan, sebenarnya tidak ada kendala yang berarti, kecuali kecemasan dalam menghadapi hal baru karena pada akhirnya dapat teratasi melalui proses adaptasi baik secara formal di dalam perkuliahan maupun di luar perkuliahan.

 

Kata kunci: gitar klasik, perguruan tinggi seni, kendala mahasiswa

 

Abstract

New Student Obstacles in Taking Classical Guitar Lectures at the College. New students of the Bachelor program in the Department of Music generally face obstacles in taking classical guitar courses because they have never studied the instrument formally before. The purpose of this study is to find out what obstacles they experience and find possible solutions. This study uses qualitative research methods by collecting information from several active classical guitar students who face these obstacles. The results of this study are information about the obstacles they face, possible causes, and solutions from a student's perspective. From the results of this study, it was found that all respondents could not read musical notes so independence in studying lecture material was minimal. In order to overcome this problem, they consulted the seniors. This problem was gradually resolved because lectures on music theory and solfeggio helped. In conclusion, there are actually no significant obstacles, except anxiety in dealing with new things because in the end they can be overcome through adaptation processes both formally in lectures and outside lectures.

 

Keywords: classical guitar, art institute, student constraints


Full Text:

PDF

References


Ammer, C. (2004). The facts on file dictionary of music. Infobase Publishing.

Creswel, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Sage.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Indrawan, A., & Kustap, K. (2015). Adaptasi Konserto pada Ensambel Gitar sebagai Upaya Pengayaan Bahan Ajar Matakuliah Ensambel. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 16(2), 95–103. https://doi.org/10.24821/resital.v16i2.1509

Indrawan, Andre (2019) Mengenal Dunia Gitar Klasik. Monograph Documentation. Jurusan Musik Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

Käppel, H. (2016). The Bible of Classical Guitar Technique: A Detailed Compendium of the Fundamentals and Playing Techniques of 21st Century Classical Guitar Including Comprehensive, Progressively Structured Exercises Throughout. AMA.

Kurniawan, Y. A. (2013). Cara mudah dan cepat membaca notasi. Gramedia Pustaka Utama.

Kustap, K., & Lubis, I. (2019). Pelatihan pola ritme sebagai strategi peningkatan kualitas pembalajaran mata kuliah instrumen gitar di jurusan musik FSP ISI Yogyakarta. PROMUSIKA, 7(1), 20-28.

Rizal, S. (2021). Proses pembelajaran gitar klasik sebagai nilai-nilai pendidikan di Prodi Pendidikan Seni Pertunjukan FKIP Untirta. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 22(2), 249–259.

Roffiq, A., Qiram, I., & Rubiono, G. (2017). Media musik dan lagu pada proses pembelajaran. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(2), 35-40.

Walidaini, B. (2020). Formula Latihan Teknik Tangan Kanan dalam Gitar Klasik: Shearer, Parkening, dan Werner. Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 3(2), 89-96.

Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas dalam pembelajaran musik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).




DOI: https://doi.org/10.24821/ekp.v13i2.14093

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.