Kafe merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat. Kepopuleran kafe saat ini bisa dikatakan menjadi suatu fenomena sosial terlebih bagi para pemuda seperti mahasiswa yang menjadikan kafe sebagai salah satu pilihan tempat untuk melepas kepenatan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh produk kriya pada minat pengunjung yang menerapkan desain kafe yang bertema rustic. Sehingga nantinya akan diketahui alasan pengunjung (mahasiswa) mengunjungi kafe serta pengaruh produk kriya pada kafe yang bertema rustic. Metode pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: studi literatur, observasi dan wawancaara serta melakukan pengambilan data dari kuesioner. Data-data yang diperoleh selanjutnya diolah dalam bentuk angka atau bilangan kemudian di analisis menjadi data informasi berbentuk teks, kalimat verbal maupun narasi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwasannya minat pengunjung di kafe dipengaruhi oleh konsep atau tema serta desain produk atau elemen bangunan yang diterapkan.
Keywords
produk kriya, kafe rustic, minat pengunjung.
References
Harisianti, V. (2021) ‘Analisis Faktor Kebetahan Pengunjung Coffee Shop Melalui Penilaian Kinerja Elemen Interior. Studi Kasus: Kafe dan Coffee Shop di Kawasan L.R.E Martadinata, Bandung.’, Jurnal Arsitektur ZONASI, 4(2), pp. 196–209. doi: 10.17509/jaz.v4i2.31609.
Haristianti, V. (2016) ‘Peran Kafe Terhadap Pembangunan Conservation District Studi Kasus : Kafe di Kawasan Braga , Bandung’, (October 2016).
Yoni Ardianto (2019) ‘Memahami Metode Penelitian Kualitatif’, Djkn, (2), p. 2021. doi: 10.1038/bgj.2008.192.