STRATEGI PERANCANGAN DENGAN PENERAPAN RAGAM HIAS SULUR GELUNG PADA PRODUK KRIYA UNTUK PASAR GLOBAL

Agung Wicaksono, Budi Hartono

Abstract


Ragam hias sulur gelung banyak tersebar di bangunan candi dan masjid. Konsep dasarnya adalah penciptaan alam semesta menurut perspektif agama Hindu. Namun pada masjid peran dan konsep ragam hias ini berubah, disesuaikan dengan kaidah-kaidah dalam agama Islam. Warisan budaya ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Metode dan strategi penegmbangan diperlukan untuk keperluan tersebut. Strategi perancangan adalah urutan langkah-langkah yang disiapkan dan metode perancangan adalah cara yang digunakan pada perancangan. Ini diperlukan kaidah-kaidah estetika dalam senirupa untuk optimalisasi pencapaiannya.

 


Kata kunci : sulur gelung, strategi perancangan,kriya, pasar global


Full Text:

PDF

References


Baldinger, Wallace S., The Visual Arts, Oregon: University of Oregon, 1967.

Budrillad, Jean P., La Societe de Consummation (diterjemahkan Wahyunto dalam judul : Masyarakat Konsumsi) , Kreasi Wacana: Yogyakarta, 2004.

Bosch, F. D. K., De Gouden Kiem : Inleiding In De Indische Symboliek, Amsterdam-Brussel: Uietgeversmaatschaappij Elsevier, 1948.

Donder, I Ketut, Kosmologi Hindu: Penciptaan, Pemeliharaan, dan Peleburan Serta Penciptaan Kemabli Alam Semesta, Surabaya : Paramita, 2007.

Hoop, van Der A. N. J. Th., Indonesiche Stermotiven, Ragam Hias Indonesia, Indonesian Ornamental

Design, Batavia: Koninkluk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschaappen, 1949.

Jones, Christopher J., Design Methods: Seeds of Human Futures, London: John Wiley & Sons Ltd., 1979

Papanek, Victor, Design for the Real World, New York: Bantam Books, 1973.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v6i2.2402

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Agung Wicaksono, Budi Hartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).

 

 

View My Stats