STRATEGI PERANCANGAN DENGAN PENERAPAN RAGAM HIAS SULUR GELUNG PADA PRODUK KRIYA UNTUK PASAR GLOBAL
Abstract
Ragam hias sulur gelung banyak tersebar di bangunan candi dan masjid. Konsep dasarnya adalah penciptaan alam semesta menurut perspektif agama Hindu. Namun pada masjid peran dan konsep ragam hias ini berubah, disesuaikan dengan kaidah-kaidah dalam agama Islam. Warisan budaya ini perlu dilestarikan dan dikembangkan. Metode dan strategi penegmbangan diperlukan untuk keperluan tersebut. Strategi perancangan adalah urutan langkah-langkah yang disiapkan dan metode perancangan adalah cara yang digunakan pada perancangan. Ini diperlukan kaidah-kaidah estetika dalam senirupa untuk optimalisasi pencapaiannya.
Kata kunci : sulur gelung, strategi perancangan,kriya, pasar global
Full Text:
PDFReferences
Baldinger, Wallace S., The Visual Arts, Oregon: University of Oregon, 1967.
Budrillad, Jean P., La Societe de Consummation (diterjemahkan Wahyunto dalam judul : Masyarakat Konsumsi) , Kreasi Wacana: Yogyakarta, 2004.
Bosch, F. D. K., De Gouden Kiem : Inleiding In De Indische Symboliek, Amsterdam-Brussel: Uietgeversmaatschaappij Elsevier, 1948.
Donder, I Ketut, Kosmologi Hindu: Penciptaan, Pemeliharaan, dan Peleburan Serta Penciptaan Kemabli Alam Semesta, Surabaya : Paramita, 2007.
Hoop, van Der A. N. J. Th., Indonesiche Stermotiven, Ragam Hias Indonesia, Indonesian Ornamental
Design, Batavia: Koninkluk Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschaappen, 1949.
Jones, Christopher J., Design Methods: Seeds of Human Futures, London: John Wiley & Sons Ltd., 1979
Papanek, Victor, Design for the Real World, New York: Bantam Books, 1973.
DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v6i2.2402
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Agung Wicaksono, Budi Hartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats
ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).
View My Stats