MODEL DASAR PEMBELAJARAN INSTRUMEN REBAB BAGI ANAK-ANAK TINGKAT SEKOLAH DASAR: SEBUAH UPAYA MENGGALI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KARAWITAN JAWA

Kriswanto Kriswanto

Abstract


Dewasa ini Seni Karawitan telah mengalami perkembangan luar biasa, akan tetapi
masih terdapat permasalahan, terutama yang menyangkut pendidikan karawitan bagi anak usia
sekolah dasar. Gamelan Jawa sebagai media penting dalam karawitan terkonsep untuk orang
dewasa dan dimainkan oleh kaum laki-laki dalam sikap duduk bersila, bukan untuk anak. Apabila
mengacu pada pola pengembangan pendidikan, segala bidang keilmuan termasuk Seni
Karawitan harus dimulai dari tingkat sekolah dasar. Budi Raharja (PHB 2001-2002) dalam
penelitiannya telah menghasilkan Gamelan Anak dengan desain sesuai dengan kebutuhan anak,
akan tetapi belum ditindaklanjuti aplikasi permainan masing-masing instrumen dan perannya
dalam karawitan.
Rebab merupakan instrumen karawitan dalam kategori sulit dipelajari, terlebih untuk
anak-anak tingkat sekolah dasar, dibutuhkan waktu cukup lama untuk mempelajarinya. Guna
memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan instrumen rebab yang sesuai dengan kondisi fisik
anak, berikut model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuannya.
Penelitian ini khususnya pada tahun pertama bertujuan merancang model-model pembelajaran
instrumen rebab meliputi pengenalan dan cara memainkannya yang disesuaikan dengan teknis
musikal anak. Pada tahun kedua, merealisasikan hasil penelitian yang dicapai tahun pertama
untuk disosialisasikan pada sekolah-sekolah dasar unggulan yang memiliki basic seni karawitan
dan jika dimungkinkan pada sanggar seni karawitan anak di wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode perancangan dan
sosialisai.

 


Kata kunci: Model pembelajaran, rebab, anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Dewantara, Ki Hadjar (1967). Kebudajaan. Yogyakarta: Madjelis Luhur Taman Siswa.

_____________ (1962). Seni Pendidikan. Yogyakarta: Taman Siswa.

Djoko Walujo, (1981). “Belajar Rebab” . Diktat tanpa penerbit.

Djumadi, (1982). “Tuntunan Belajar Rebab”. Surakarta: SMKI Surakarta. ,

_______________ (1975) “Titilaras Rebaban Jilid II”. Surakarta: ASKI Surakarta.

Kriswanto, (1986). “Uyon-uyon Hadiluhung Karaton Yogyakarta Hadiningrat”. Tugas Akhir Sarjana S-1. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta. ,

_______________ (2012). “Uyon-Uyon Hadiluhung Kraton Yogyakarta: Sebuah Media Pembentukan Karakter”. Laporan Penelitian dibiayai oleh DIPA ISI Yogyakarta tahun 2012. Yogyakarta: LPT ISI Yogyakarta.

Martopangrawit. 1975. “Pengetahuan Karawitan I, II”. Surakarta: Akademi Seni Karawitan Indonesia.

Raharja, (1996). “Rebaban Sulukan Wayang Kulit Purwo Gaya Yogyakarta Versi Ki Suhardi”. Yogyakarta: Jurusan Karawitan.

Rusli, Agus, (1976). Buku Petunjuk Pendidikan Dasar Musik Anak-anak. Jakarta: Proyek Koservatori DKI, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Sedyawati, Edi, (1981). Pertumbuhan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan. Soedarsono at.al., (1977/1978). “Kamus Istilah Tari dan Karawitan Jawa”. Jakarta: Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah. . : 203)

Soeroso, (1984). “Lagu Dolanan Slendro- Pelog”. Yogyakarta: Jurusan Musik ISI Yogyakarta.

Suhastjarja, R.M. AP. et.al., (1984/1985). “Analisa Bentuk Karawitan”. Laporan Pelaksanaan Penelitian Sub/Bag. Proyek Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumanto, Wasty, (!983). Psikologi Pendidikan. Malang: Bina Aksara.

Supanggah, Rahayu. 1990. “Karawitan Anak-Anak” Dalam Seni Pertunjukan Indonesia, Jurnal MMI (Masyarakat Musikologi Indonesia), Surakarta

Surat Edaran LP2M, (2015). “Panduan Pengelolaan Penelitian/Penciptaan/ Perancangan Karya Seni Dosen Muda”. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat ISI Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v5i2.2383

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kriswanto Kriswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).

 

 

View My Stats