PESONA KERAMIK DALAM BUSANA ART WEAR DENGAN APLIKASI MOTIF BATIK CEPLOK

Santa Citra Cendana

Abstract


The passion of fashion stimulates the writer to create ceramic fashion art wear. By
examining the latest fashion and following fashion event, the writer has anidea to combine
clothes and ceramic.
Data collection method which is used by the writer is observation and library
research. This creation is based on three step of creating handcrafted art which has practical
function. The first step is braind storming (brainstorming of the idea, concept, and
background of a creation), designing (making the design of ideas),creating (the
realization of creation). Ceramic fashion art will come as an innovation in the ceramic
industry.
The result of this creation is a handcrafted ceramic in a various forms andcolors
which is hoped to be well accepted by society. This final assignment is afunctional ceramic
creation. All of the ceramic fashion creation can be worn in some occasion.

Key words: ceramic, fashion, art wear, Ceplok

 


Menciptakan karya dengan sumber inspirasi Badak Jawa didasari atas ketertarikan
penulis terhadap binatang badak khususnya badak Jawa. Badak Jawa memiliki keunikan
tersendiri dari badak lainnya dan fenomena kepunahan yang terjadi saat ini seperti bentuk fisik
kulit badak yang belipat seperti membentuk baju baja, cula, dan tergolong hewan yang hampir
punah sehingga penulis tertarik untuk menciptakan sebuah karya seni kriya logam bertemakan
badak Jawa ke dalam tugas akhir ini sekaligus sebagai syarat menyelesaikan studi S1 jurusan
kriya
Metode pendekatan yang digunakan adalah ekspresi, kontemplasi, estetis, kemudian
metode pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan observasi. Proses penciptaan
karya seni ini memalui tiga tahapan yaitu, eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Karya
logam yang disajikan dalam Tugas Akhir ini merupakan karya figuratif dan dikembangkan
objeknya yang merupakan hasil dari perwujudan badak Jawa.
Hasil karya ini adalah seni kriya logam tiga dimensi dengan bentuk badak Jawa sebagai
inspirasi dari penciptaan seni kriya dan memiliki pengembangan bentuk yang sedemikian rupa.
Diharapkan karya ini dapat berkomunikasi dengan masyarakat secara baik. Karya seni kriya
logam ini dibuat bukan dimaksudkan untuk mencari solusi ataupun menyelesaikan masalah,
tetapi merupakan sebuah sentuhan ekspresi dan sarana penyampaian ide pribadi yang
disampaikan kepada penikmat seni pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.


Kata kunci: Badak Jawa, Seni kriya, Kriya logam


Full Text:

PDF

References


Astuti, Ambar. (2008a), Keramik, Bahan, Cara Pengerjaan, Gelasir, Arindo Nusa Media, Yogyakarta.

___________. (2008b), Keramik Ilmu dan Proses pembuatannya, Arindo Nusa Media, Yogyakarta.

Bernard, Malcom. (2009), Fashion Sebagai Komunikasi, Jalasutra, Yogyakarta.

Charles Scribne’s Sons.(2005), Encyclopedia of Clothing and Fashion Vol.2,Imprint Thomapson Gale.

Departemen Perindustrian R.I. (1983/1984), Kumpulan Motif Batik, Departemen Perindustrian R.I Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik Proyek Balai Pengembangan dan Penelitian Batik, Yogyakarta.

Gustami, Sp. (2004), “Proses Penciptaan Seni Kriya: Untaian Metodologis”, Program Pasca Sarjana S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni ISI Yogyakarta.

Hamidin, Aep S. (2010), Batik Warisan Budaya Asli Indonesia, Narasi, Yogyakarta.

Industrial Research and Development Ministri of Industry. (2009), Batik, the Image of Indonesian Tradition and Heritage, Ministry of Industrial Development and Research Division Central Agency of Handicraft and Batik, Yogyakarta.

Kartika, Dharsono Sony. (2004a), Seni Rupa Modern, Rekayasa Sains, Bandung.

___________________. ( 2004b), Pengantar Estetika, Rekayasa Sains, Bandung.

Mudjiono dan B. Irawan.(2008), Asas dan Unsur Desain, Universitas Kristen Petra Fakultas Seni dan Desain Jurusan Desain Komunikasi Visual, Surabaya.

Musman, Asti dan Ambar B. Arini. (2011), Batik Warisan Adiluhung Nusantara, Andi Offset, Yogyakarta.

Nurmianto, Eko. (2003), Ergonomi Dasar dan Aplikasinya, Guna Widya, Surabaya.

Poerwadarminta, W.J.S. (2002), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta. Riyanto, Arifah A. (2003), Teori Busana, Yapemdo, Bandung.

Sachari, Agus. (1986), Seni Desain dan Teknologi, Pura Pustaka, Jakarta.

Soesanto, Sewan. (1984), Seni dan Teknologi Kerajinan Batik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Sastrowinoto, Suyatno. (1985), Meningkatkan Produktivitas dengan Ergonomi, PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24821/corak.v4i2.2369

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Santa Citra Cendana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

ISSN 2301-6027 (print) | ISSN 2685-4708 (online).

 

 

View My Stats