Analisis Kemenarikan User Interface dengan Gaya Desain Skeuomorphism dari Sudut Pandang Desainer (Studi kasus: Aplikasi 76 Synthesizer)

Abi Senoprabowo, Toto Haryadi, Puri Sulistiyawati

Abstract


Gaya desain Skeuomorphism mulai ditinggalkan dengan munculnya gaya desain flat. Gaya desain Skeuomorphism dianggap tidak relevan lagi di era sekarang karena tidak seperti gaya desain Flat yang tajam, solid, dan sederhana. Saat ini gaya desain Flat menjadi gaya desain rujukan utama untuk mendesain user interface pada aplikasi, website, dan lain sebagainya. Tetapi ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa gaya desain Skeuomorphism tetap relevan dengan masa sekarang ini. Penggunaan gaya desain user interface pada pembuataan aplikasi tergantung dari pengguna yang akan menggunakan desain tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemenarikan user interface dengan gaya desain Skeuomorphism dari sudut pandang desainer pada era sekarang ini. Aplikasi 76 Synthesizer menjadi objek studi kasus karena menggunakan gaya desain Skeuomorphism dan masih banyak digunakan. Beberapa komponen desain antarmuka yang diujikan dalam penelitian ini sesuai teori Visual Usability adalah Layout, pengambaran ikon, warna, huruf, kenyamanan, konsistensi, hirarki, dan kesan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil nilai rata-rata dari semua elemen yang diujikan adalah 5,87 dengan kategori baik sekali. Gaya desain Skeuomorphism disimpulkan masih relevan dengan era sekarang ini menurut pandangan desainer.


Keywords


kemenarikan, user interface, Skeuomorphism, desainer

Full Text:

PDF

References


Algiffari, M. (2015). Perancangan Motion Graphic ( Bumper In ) dan Video Dokumenter Permainan Tradisional Jawa Barat. Jurnal Sketsa, 2(1), 49–61.

Budi, H. S., & Faustina, J. (2017). The Effect of Multimedia As a Means of Delivering Information and Promotion Towards Flashcard Products. Visual Communication Design Journal, 2(1), 43–51.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. In Binus. Retrieved from www.mitrawacanamedia.com

Darmawan, A. J. (2018). Pemetaan untuk Flat Design, Skeuomorphism, Realisme dan Metro-UI pada desain tampilan UI dan UX. Jurnal Inovasi Informatika, 3(2), 1–11. Retrieved from http://www.jurnalpradita.com/index.php/jii/article/view/55

Ghiffary, M. N. El, Susanto, T. D., & Prabowo, A. H. (2018). Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). Jurnal Teknik ITS, 7(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28723

Legenda, A. (2017). Mengenal Skeuomorphism, Desain yang Pernah dan Mungkin Akan Berjaya Lagi | MacPoin. Retrieved July 28, 2021, from macpoin.com website: https://macpoin.com/110269/mengenal-skeuomorphism-desain-yang-pernah-dan-mungkin-akan-berjaya-lagi/

Putra, F. W., Budiasa, I., & Sudipa, I. (2017). Meaning of Icons in Apple’s iOS: A Semiotic Study. Humanis, 19(1), 228–235.

Schlatter, T., & Levinson, D. (2013). Visual usability: Principles and practices for designing digital applications. Burlington: Morgan Kaufmann.

Senoprabowo, A., Laksana, D. A. W., & Putra, T. P. (2020). Inovasi Ornamen Masjid Agung Demak Untuk Motif Batik Kontemporer Khas Demak. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(2), 118–127. Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/4097

Setiasih, N. W. (2021). Ruang Digital pada Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa Multimedia ITB STIKOM Bali. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 43–50. Retrieved from https://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/4638

Sudaryono. (2017). Metodologi penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan : Research and Development/R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulumuddin, D. I. I., & Senoprabowo, A. (2020). Rekomendasi Desain User Interface Pada Website Lapor Hendi Untuk Meningkatkan User Experience Pengguna. Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, Dan Periklanan, 5(2), 302–322. https://doi.org/10.25124/DEMANDIA.V5I2.2345




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v26i3.5862

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor