Ruang Digital pada Pameran Unit Kegiatan Mahasiswa Multimedia ITB STIKOM Bali

Ni Wayan Setiasih

Abstract


Saat ini berbisnis adalah salah satu yang bisa dilakukan agar kebutuhan tetap terpenuhi karena masa pandemi Covid-19 yang menyebar ke seluruh dunia membuat kita harus terus berfikir cara agar tetap produktif pada masa pandemi. Berbisnis di era digital bisa dimanfaatkann, membuat karya seni yang sekaligus bisa dipasarkan di masyarakat tentunya. Maka dari itu Unit Kegiatan Mahasiswa Multimedia periode 2019/2020 mengadakan kegiatan MAHAKARYA MULTIMEDIA 2020 (Webinar dan Pameran Digital). Unit Kegiatan Mahasiswa Multimedia merupakan salah satu UKM yang tergabung dalam bidang minat dan bakat yang ada di STMIK STIKOM Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitik, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan berdasarkan fakta yang ada, penelitian yang dilakukan mendeskripsikan proses pameran digital dalam dimensi karya di ITB  Stikom Bali. Dalam event ini terdapat Webinar dan Pameran Digital. Pada Webinar dan Pameran Digital akan mendatangkan pembicara / narasumber dari kalangan dunia industri yang bergerak pada bidang seni dan bisnis digital. Sedangkan, pada Pameran akan dilakukan secara online dimana karya karya terbaik dari anggota maupun pengurus akan ditampilkan pada platform sosial media. Adapun Pengelolaan dalam pameran meliputi: adanya pengelolaan terhadap manusia, adanya perencanaan, pengorganisasian, pengumpulan sumber, pengendalian kerja, dan pengawasan. Hal tersebut penting diterapkan agar perencanaan pameran seni tepat dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai


Keywords


Ruang digital, Pameran Digital , UKM Multimedia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayaningrat, S. (1982). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management. Jakarta: Gunung Agung.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Manullang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Prasetya, R. D. (2008). Aplikasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Manajemen Di Bidang Desain Interior. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan dan Perancangan Desain Interior, 2(3).

Richard, D. (2010). Era Baru Manajemen. Salemba Empat: Edward Tanujaya

Setiarini, Agnes Tika. 2015. “Strategi Positioning dan Diferensiasi dalam Upaya Membangun Brand, Studi Kasus Ngayogjazz”. Jurnal Tata Kelola Seni, Volume 1 No. 2 Desember 2015: 54-67.




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4638

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor