Optimalisasi Pembelajaran Seni Grafis bagi Guru Seni Budaya se-Kawedanan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah

Devy Ika Nurjanah, Nizar Mohamad Afandi

Abstract


Kelompok MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) seni budaya SMP se-Kawedanan Jatinom merupakan wadah para guru mata pelajaran seni budaya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam kelompok ini dilatarbelakangi oleh guru-guru seni budaya dengan berbagai disiplin ilmu. Keterbatasan disiplin ilmu tentunya tidak seharusnya menjadi kendala dalam memberikan materi pembelajaran di kelas, apalagi dalam penyampaian materi pembelajaran seni grafis. Tujuan dari penelitian ini, mengoptimalkan kompetensi guru seni budaya di SMP se-Kawedanan Jatinom dalam mengajarkan materi seni grafis kepada siswa. Metode pencarian  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, data diperoleh dengan cara  observasi langsung, dokumentasi, kuesioner, wawancara dengan informan. Subjek dari penelitian ini yaitu guru seni budaya SMP se-Kawedanan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah yang pernah atau sedang memberikan materi seni grafis di kelas IX semester II dengan latar belakang disiplin ilmu seni rupa. Luaran dari penelitian ini akan disusun buku bahan ajar seni grafis bagi guru seni budaya SMP. Dengan bahan ajar tersebut diharapkan para guru dapat menambah ilmu tentang seni grafis dan dapat dengan mudah diajarkan kepada siswa. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan seni grafis kepada guru dan siswa sejak dini, sehingga nantinya seni grafis lebih dikenal masyarakat luas.


Keywords


seni grafis, teknik seni cetak grafis, seni rupa murni, pembelajaran, guru seni budaya.

Full Text:

PDF

References


Bentara Budaya Jakarta. (2000). Setengah Abad Seni Grafis Indonesia, Half a Century of Indonesian Printmaking, Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) dan Bentara Budaya Jakarta.

Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Seni Budaya Kelas IX, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Seni Budaya : Buku Guru, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Medley, Christine. (2020). Printmaking: How to Print Anything on Everything, New York: Dover Publications.

Oktanio, Fery. (2010). In Repair: Imagination of Resistance and An Idea of Superhuman, Katalog Pameran Seni Grafis “In Repair” Ariswan Adhitama, Yogyakarta: Bentara Budaya Yogyakarta.

Sandra, Yofita. (2012). Silabus, Sap, Dan Bahan Ajar Seni Grafis Dasar, Padang: Jurusan Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Padang.

Sulastianto, Harry, dkk. (2007). Seni Budaya untuk Kelas IX Sekolah Menengah Pertama, Bandung: Grafindo Media Pratama.

Tanama, Andre, (2020). Cap Jempol, Seni Grafis dari Nol, Yogyakarta: Penerbit SAE.

Narasumber informan:

Adi Prawito, S.Pd. (Guru Seni Budaya SMPN 3 Jatinom)

Yulia Ujianita, S.Pd. (Guru Seni Budaya SMPN 2 Karanganom)

Laurentina Niken Nartani, S.Pd (Guru Seni Budaya SMPN 1 Karanganom)




DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v24i1.4546

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

visitor visitor