VISUAL THIEF, SUREALISME DALAM ART BOOK KARYA RESATIO ADI PUTRA
Abstract
Visual Thiefmerupakan sebuah artbook(disebut Art Book) kumpulan kolase karya Resatio Adi Putra, hanya dicetak sejumlah 200 eksemplar. Beberapa karya didalamnya pernah diikutsertakan dalam pameran, serta terlibat dalam beberapa projek tertentu. Resatio Adi Putra menyatakan bahwa karyanya bergenre surealis, selain kemunculan objek rubah sebagai pengganti konsep pencurian yang diusung Resatio dalam Visual Thief, kecenderungan Resatio memakai objek perempuan dalam karyanya memungkinkan munculnya sebuah metafora. Menggunakan teori surealisme yang dikemukakan oleh Andre Breton. Analisis karya Resatio dalam Visual Thief, dari detail setiap objek hingga fragmentasi yang tersusun menjadi berbagai macam komposisi menampakan beberapa ciri surealisme yaitu munculnya kejanggalan, penampakan mimpi, mengandung erotisme serta teror, namun karyanya tidak dapat sepenuhnya dikatakan bergenre surealis (less surrealism), karena ada salah satu unsur yang tidak muncul yaitu otomatisme, yang mensejajarkan fragmen dari dorongan alam nirsadar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aspley, Keith. (2010). Historical Dictionary of Surrealism. Toronto: The Scarecrow Press.
Budiman, Kris. (2009). “Sebuah Labirin untuk Garin”. BULAK: Jurnal Sosial dan Budaya Universitas Gadjah Mada. Vol. 3. edisi Februari. 30-38.
Copeland, Roger. (2002). “Merce Cunningham and the Aesthetic of Collage”. TDR (1988-), Vol. 46, No. 1. 11-28. The MIT Press.
Eggener, Keith L. (1993) “An Amusing Lack of Logic: Surrealism and Popular Entertainment”. American Art, Vol. 7, No. 4, (hal. 30-45).
Frances, Mary. (2009). “Collage and Cut-Ups the Art of Re-Arrangement”. Personal Construct Theory & Practice, Vol. 6. 15-2.
Hadler, Mona. (2011). “David Hare, Surrealism, and the Comics”. The Space Between, Vol. VII:1. 93-108. Brooklyn College and The Graduate Center.
Hofmann, Irene E. (2001). Dokuments of Dada and Surrealism: Dada Surrealist Journals in the Mary Reynolds Collection. Chicago: The Art Institute of Chicago.
Kleiner, Fred S. (2009). Gardner’s Art Throught the Ages: A Global History (13rd edition). USA: Thomson Wadsworth.
Mc. Neese, Tim. (2006). Salvador Dali: The Great Hispanic Heritage. USA: Infobase Publishing.
Noth, Winfried. (1990). Handbook of Semiotic. Blomingtoon & Indianapolis: Indiana University Press. 1990.
Nugroho, Eko. (2012). “Foto Jurnalistik antara Dilema Realis dan Surealis”. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 16. No. 2 (Juli-Desember).
Pooke, Grant & Newall, Diana. (2008). Art History: The Basics. London & New York: Routledge.
Seaver, Richard & Lane, Helen R. (1969). Andre Breton: Manifestoes of Surrealism. Michigan: The University of Michigan press.
Warlick, M. E. (2001). Max Ernst and Alchemy: A Magician in Search of Myth. Austin: University of Texas Press.
DOI: https://doi.org/10.24821/ars.v21i3.2892
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
visitor visitor