Strategi Pemasaran Digital Pariwisata Berbasis Budaya Pemerintah Kota Surakarta (Studi Kasus Batik Solo TV di Instagram)
Abstract
Penelitian ilmiah terkait promosi digital dalam bidang pariwisata kota dibutuhkan untuk memberikan edukasi pentingnya perancangan sistem promosi di era digital. Studi kasus pada Batik Solo TV ini membahas dan menganalisis berbagai faktor yang memengaruhi capaian konten promosi digital yang diunggah akun resmi Pemerintah Kota Surakarta dalam platform media sosial. Rumusan penelitian ini mengulas strategi yang dilakukan pengelola Solo Batik TV dalam merancang konten dan bekerja sama dengan pengelola event kebudayaan di Kota Surakarta. Penelitian ini juga menguji konten promosi digital Solo Batik TV dengan sudut pandang follower akun media sosial pemerintah kota. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, bertujuan mengetahui teknik penerapan konten audio visual untuk meningkatkan hasil capaian dari kegiatan kebudayaan Kota Surakarta. Penelitian ini menunjukkan bagaimana pengelola Solo Batik TV mengelola konten promosi digital wisata kota. Sehingga hasil penelitian bisa memberikan pandangan baru dalam implementasi manajemen khususnya pada bidang pengelolaan konten audio visual untuk promosi digital wisata kota.
Tourism Digital Marketing Strategy Based on the Culture of the Surakarta City Government (Case Study Batik Solo TV on Instagram)
ABSTRACT
Scientific research in digital promotion for city tourism is paramount to educate the importance of promotion system design in the digital era. A case studies Solo Batik TV analyzing and discussing factors concerning achieved digital promotion content uploaded by official Surakarta’s Government account on the social media platform. This research reviews strategy used by Solo Batik TV management in designing content and collaboration with other cultural affairs agencies in Surakarta. This thesis also tested Solo Batik TV digital promotion content from the city’s social media follower perspective. The researcher used a qualitative descriptive research method with a case study approach to better understand the usage of audiovisual content to increase performance from cultural events in Surakarta. This research shows how Solo Batik TV manages the city’s digital promotion content. This research aims to give a new perspective in the management implementation, notably in the audiovisual content management for city digital tourism promotion.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Damanik, P. J. (2013). Pariwisata Indonesia: Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
David, F. R. (2006). Manajemen Strategis (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
David, De Cremer ; Dick, Rolf van ; Murnighan, J. K. (2011). Social Psychology and Organizations. New York London: Taylor & Francis e-Library.
Kotler, P. ; & K. L. K. (2012). Marketing Management (14th ed.). New Jersey: Prentice-Hall Published.
Peter, J. Paul ; Donnelly, Jr., J. H. (2011). A Preface to Marketing Management (12th ed.). New York: Mc Graw Hill.
Ramly, N. (2007). Pariwisata berwawasan lingkungan: belajar dari kawasan wisata Ancol. Jakarta: Grafindo Khazanah Ilmu.
Rangkuti, F. (1997). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pearce II, John A. ; & Robinson Jr, R. B. (2008). Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Timothy, G. Plax ; Waldeck, Jennifer H. ; Kearney, P. (2012). Business and Professional Communication in a Digital Age (1st ed.). Cengage Learning.
Webtografi
Administrator. (2015). Rilis Pers: Hasil Survey “Profil Pengguna Internet di Indonesia 2014” oleh APJII bekerja sama dengan Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia. In PUSKAKOM: Pusat Kajian Komunikasi Universitas Indonesia. Retrieved from http://puskakom.ui.ac.id/publikasi/rilis-pers-hasil-survey-profil-pengguna-internet-di-indonesia-2014-oleh-apjii-bekerja-sama-dengan-pusat-kajian-komunikasi-universitas-indonesia.html
Bohang, F. K. (2018). Juni 2018, Pengguna Aktif Instagram Tembus 1 Miliar. Retrieved December 5, 2018, from Kompas.com website: https://tekno.kompas.com/read/2018/06/21/10280037/juni-2018-pengguna-aktif-instagram-tembus-1-miliar
Wicaksono, B. (2018). Kota Solo Masih Dilirik Wisatawan Mancanegara. Retrieved June 7, 2018, from Jawa Pos: Radar Solo website: https://radar.jawapos.com/radarsolo/read/2018/02/06/46776/kota-solo-masih-dilirik-wisatawan-mancanegara
Informan
Kentis Ratnawati, Kepala Diskominfo Kota Surakarta.
Taufan Redina, Admin Instagram Pemerintah Kota Surakarta.
Susanto, Ketua Komunitas Solo Batik Carnival.
Irawati Kusumorasri, Ketua Komunitas SIPA.
Jongko Raharjo, Solo Batik Fashion.
Wenny Purwanti, Solo City Jazz.
Indah Septyaning, Pengikut Instagram Pemerintah Kota yang sudah berkeluarga.
Nicolaus Irawan, Pengikut Instagram Pemerintah Kota yang belum berkeluarga.
DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v7i1.5350
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ivanovich Aldino
Editorial Address:
Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta
Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia
Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.