Strategi Personal Branding Perupa Melalui Media Sosial

Rusdi Hendra

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan media jejaring sosial saat ini menyebabkan pembentukan personal brand melalui media sosial semakin penting. Masyarakat Indonesia dikenal sebagai pengguna aktif media sosial. Menjadi seorang perupa harus memiliki keunikan tersendiri untuk dapat berbeda dengan perupa lainnya. Dalam membangunnya, dibutuhkan personal branding yang baik untuk dapat maju dan berkembang di dalam dunia seni rupa. Piko dengan akun @iabadioupiko telah melakukannya lewat media Instagram. Personal branding yang dilakukan Piko menarik dengan mengunggah hasil karyanya untuk menarik perhatian galeri dan menggunakan Instagram sebagai alat penyampaian pesan komunikasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan melakukan observasi terhadap dokumentasi yang dimiliki dan melakukan tinjauan literatur. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis yaitu mengorganisasikan data, mereduksi data, peringkasan, dan penyajian data. Hasil akhir dari analisis data dapat mengetahui tentang bagaimana strategi personal branding perupa melalui media sosial Instagram dengan indikator yang terdiri dari kesebelas karakteristik authentic personal branding oleh Rampersad. Hasil penelitian menyebutkan bahwa strategi personal branding Piko ialah memiliki nilai, karakter, kode perilaku, berfokus pada satu bidang, konsisten, memiliki relevansi, memiliki visibilitas, mendapatkan pengakuan, menerapkan hal positif, serta menjadi diri sendiri dengan tetap menjaga eksistensinya dan selalu memelihara hubungan yang terjalin baik dalam akun Instagram @iabadioupiko maupun dalam kesehariannya.

 

The Artist's Personal Branding Strategy Through Social Media

ABSTRACT

The development of information technology and social networking media has made personal brands' formation through social media increasingly important. Indonesian people are known as active users of social media. Being an artist must be unique to be different from other artists. In building it, good personal branding is needed to advance and develop in the world of fine arts. Piko, with the @iabadioupiko account, has done this via Instagram. Piko's personal branding is impressive by uploading his work to attract the attention of galleries and using Instagram to convey his communication messages. This study used a qualitative descriptive method with data collection techniques, namely interviews and observing documentation, and conducting literature reviews. The data obtained were then analyzed using analytical techniques, namely organizing data, reducing data, summarizing, and presenting data. The final result of the data analysis can find out about the personal branding strategy of the artists through social media Instagram with indicators consisting of eleven characteristics of authentic personal branding by Rampersad. The results show that Piko's personal branding strategy is to have values, character, code of behavior, focus on one area, be consistent, have relevance, have visibility, gain recognition, apply positive things, and be yourself while maintaining its existence and always maintaining good relationships. They were established both in the Instagram account @iabadioupiko and in his daily life.


Keywords


personal branding, media sosial Instagram, perupa, strategi | personal branding, social media Instagram, artists, strategy

References


Fernandes, Alexandra; & Afonso, L. U. (2014). Joana Vasconcelos: Managing an Artist’s Studio in the 21st Century. International Journal of Arts Management, 17(1), 54–64.

Gitosudarmo, I. (2001). Manajemen Strategis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Harsono. (2010). Manajemen Pengantar. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

McNally, David; & Speak, K. (2010). Be Your Own Brand: Achieve More of What You Want by Being More of Who You Are. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.

Nugraha, A. R. (2017). Branding kota bandung di era smartcity. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 1–16.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rampersad, H. K. (2008). Authentic personal branding. Jakarta: PPM Publishing.

Setianti, Yanti; Dida, Susanne; Puspitasari, Lilis; Nugraha, A. R. (2016). Pemanfaatan media sosial dalam implementasi model komunikasi kesehatan reproduksi remaja. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(1), 1–24.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v6i2.4689

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rusdi Hendra

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors