Eksistensi Sanggar Singlon Kabupaten Kulon Progo

Lusia Hestiningtyas

Abstract


Abstrak

Kebudayaan merupakan unsur penting sebuah bangsa. Kebudayaan merupakan jati diri bangsa dan menjadi kekayaan bangsa. Keberlangsungan kebudayaan daerah perlu dijaga keutuhan dan pelestariannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni memberikan wadah bagi masyarakat untuk tetap memeliharanya dan yang mampu menjadi fasilitas pelestarian budaya yakni sebuah sanggar. Upaya menjaga sanggar yakni dengan cara pemasaran yang tepat. Salah satu Sanggar di Kulon Progo, yakni Sanggar Singlon memiliki strategi pemasaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Sanggar Singlon untuk menjaga eksistensi dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan sanggar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran Sanggar Singlon Kulon Progo didasarkan pada dua aspek yakni figur dan komitmen penyajian karya terbaik. Bapak Joko Mursito selaku Ketua Sanggar merupakan figure yang tidak berorientasi pada keuntungan materi, namun nama baik Sanggar Singlon dalam menampilkan karya-karya terbaiknya. Sanggar singlon berkomitmen untuk selalu tampil terbaik dalam setiap pertunjukan karyanya. Sanggar Singlon memiliki visi untuk menciptakan suatu karya seni yang mampu menjadi ciri khas kesenian Kulon Progo. Salah satu karya mereka yakni Musik Krumpyung. Strategi pemasaran Musik Krumpyung dilakukan dengan menjadikan Musik Krumpyung sebagai materi pengetahuan umum atau muatan lokal di sekolah-sekolah Kulon Progo.

Kata kunci: sanggar, strategi pemasaran, figur, dan komitmen sanggar

 

Abstract

Culture is an important element of a nation. Culture is a national identity and a wealth of the nation. The sustainability of the local culture needs to be maintained for its wholeness and preservation. One of the efforts that can be done is to provide a place for the community to maintain it and that can be a cultural preservation facility that is a studio. Efforts to maintain the studio that is with the right way of marketing. One of the Sanggar in Kulon Progo, Sanggar Singlon has an interesting marketing strategy. This study aims to analyze how marketing strategies implemented by Sanggar Singlon to maintain the existence and public confidence in the existence of the Studio. The method used in this research is qualitative method. Data collection was done by observation and interview. The results of this study explain that the marketing strategy Sanggar Singon Kulon Progo is based on two aspects namely the figure and commitment of the presentation of the best work. Mr. Joko Mursito as chairman of Sanggar is a figure that is not oriented to material gain, but the name of Sanggar Singlon in performing his best works. Singlet Singles is committed to always perform best in every show of his work. Sanggar Singlon has a vision to create a work of art that can be characteristic of art Kulon Progo. One of their works is Krumpyung Music. Krumpyung Music marketing strategy is done by making Krumpyung Music as a matter of general knowledge or local content in Kulon Progo Schools.

Keywords: studio, marketing strategies, figures, and studio commitments


Keywords


sanggar, strategi pemasaran, figur, dan komitmen sanggar

Full Text:

PDF

References


Alifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: C.V

Pustaka Setia.

Field, John. 2006. Modal Sosial. Bantul: Kreasi Wacana.

Hardiman dan Luh Suartini. 2011. Eksistensi Sanggar Seniwati Bali: Perlawanan terhadap

Dominasi Laki-laki Perupa dalam Medan Sosial Seni Rupa Indonesia. Lembaga

Penelitian Undiksha.

Korina, Devin Natania dan Enie Wahyuning. 2014. “Manajemen Sanggar Tari Lung Ayu

Kabupaten Jombang”. Jurnal Pendidikan Sendratasik, Vol. 2 - Semester Gasal

/2015.

L. Daft, Richard. 2009. Management. Jakarta: Salemba Empat.

Manners, Robers A. dan David Kaplan.1999. Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.

Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v3i2.2608

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lusia Hestiningtyas

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors