Strategi Bauran Promosi dalam Sosialisasi Lagu Anak: Studi Kasus Album Penyanyi Cilik Naura

Dwi Okta Renanda

Abstract


Perkembangan lagu anak di Indonesia mengalami dinamika yang berbeda dari tahun ke tahun. Era 90-an merupakan puncak dimana lagu anak mendapat perhatian yang lebih dari masyarakat Indonesia. Namun kondisi tersebut berbeda dengan keadaan lagu anak sekarang. Sudah tidak banyak lagi penyanyi-penyanyi cilik yang tampil di televisi dan berkurangnya lagu-lagu yang sesuai untuk anak yang kaya akan pesan pendidikan dan nasionalis. Hal ini dikarenakan sudah tidak banyak label rekaman yang memberikan wadah bagi penyanyi cilik dan adanya anggapan bahwa lagu anak kurang laku. Objek penelitian ini adalah album penyanyi cilik Naura dengan topik strategi promosi dan sosialisasi lagu anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi bauran promosi album penyanyi cilik Naura dan mengetahui tanggapan masyarakat terhadap album penyanyi cilik Naura. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan data tambahan sebagai pelengkap dari data kuantitatif berupa pemaparan presentase. Data kualitatif didapat dari 3 orang narasumber dan data kualitatif diperoleh dari 34 responden yang merupakan followers Instagram Naura. Hasil yang diperoleh, manajemen Naura menggunakan semua alat bauran promosi, meliputi periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan perseorangan dan pemasaran langsung. Sedangkan alat promosi utama yang digunakan adalah pemasaran langsung yang difokuskan pada penggunaan media sosial. Hal ini disebabkan karena mayoritas peggemar Naura adalah anak-anak dan remaja yang memiliki akun media sosial. The development of children's songs in Indonesia experienced different dynamics from year to year. The 90's is the peak where the children's song gets more attention from the people of Indonesia. But the condition is different from the state of the child's song now. There are not many singers-singers who appear on television and reduced the appropriate songs for children who are rich in educational and nationalist messages. This is because there are not many record labels that provide a container for the little singers and the assumption that the child's song is less salable.The object of this research is Naura little singer album with the topic of promotion strategy and socialization of children song. This study aims to examine the promotion mix strategy of Naura's little singer album and to know the public response to Naura's little singer album. The approach taken in this research is qualitative method with additional data as complement of quantitative data in the form of presentation of percentage. Qualitative data were obtained from 3 resource persons and qualitative data were obtained from 34 respondents who were followers Instagram Naura. The results obtained, Naura's management uses all promotional mix tools, including advertising, sales promotion, publicity, individual sales and direct marketing. While the main promotional tool used is direct marketing that is focused on the use of social media. This is because the majority of Naura's fans are children and adolescents who have social media accounts.

Keywords


lagu anak, sosialisasi, bauran promosi; children song, socialization, promotion mix

Full Text:

PDF

References


Airlangga, Dhiva. 3013. Sosialisasi tentang Pengetahuan Keagamaan oleh Orang Tua Beda

Agama Kepada Anaknya (Studi deskriptif di Surabaya) dalam Jurnal Sosial dan Politik.

Surabaya : Universitas Airlangga.

Ardipal. 2015. Kembalikan Lagu Anak-anak Indonesia: Sebuah Analisis Struktur Musik

dalam Jurnal Panggung Vol. 25 No. 4, Desember

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hargreaves, David J. Dan Adrian C. North. 2003. Psikologi Sosial Musik (diterjemahkan oleh

Djohan Salim). London: Oxford University Press.

Kotler, Philip. And Armstrong, Garry. 2004. Dasar-dasar Pemasaran (edisi kesembilan).

Jakarta: PT.Indeks

Kotler, Philip. And Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran (edisi duabelas). Jakarta:

PT. Indeks.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan ke-31). Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Prier, Karl-Edmund. 1996. Ilmu Bentuk Musik (Cetakan ke-1). Yogyakarta: Pusat Musik

Liturgi.

Privandani,Chandra Eka. 2016. Komunikasi pemasaran album musik “ikrak” oleh band Indie

Fisip Meraung dalam Jurnal Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan

Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta

Raharja, Budi. 2009. Efek Musik Terhadap Prestasi Anak Usia Prasekolah: Studi Komparasi

Efek Lagu Anak, Dolanan Jawa, dan Musik Klasik dalam Jurnal Cakrawala Pendidikan,

Juni 2009, Th. XXVIII, No.2

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Rosmiati, Ana. 2014. Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anal Usia Dini melalui

Lirik Lagu Dolanan dalam Resital Jurnal Pertunjukan Vol. 15 No. 1 Juni

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Sumanto, 2014. Psikologi Perkembangan Fungsi dan Teori. Yogyakarta: CAPS.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tyasrinestu, Fortunata. 2014. Lirik Musikal pada Lagu Anak Berbahasa Indonesia.

Yogyakarta: Jurnal Pertunjukan Resital volume 15 No. 2 Desember

http://tu.laporanpenelitian.com/2014/11/22.html (diakses pada 25 Januari 2017 pukul

00 WIB)

http://www.kabarebralink.com/2016/01/tokoh-purbalingga-pak-kasur-legenda.html

(diakses pada tanggal 26 Januari 2017 pukul 10.15 WIB)

http://kidnesia.com/Boleh-Tahu/Serba-Serbi/Ibu-Sud-Pencipta-Lagu-Anak-Indonesia

(diakses pada tanggal 26 Januari 2017 pukul 11.05 WIB)

http://www.kompasiana.com/sudah-miskin-apresiasi-di-eliminir-pula-namanya-dari-

ciptaannya_55103935a333110237ba8039 (diakses pada tanggal 16 Februari 2017 pukul

45 WIB/)

http://www.anakmasa90an.com/2015/12/tralala-trilili-rcti-1998.html (diakses pada

tanggal 16 Februari 2017 pukul 11.25 WIB)

http://www.seputarpengetahuan.com/2015/02/10-pengertian-strategi-menurut-para-ahlilengkap.html

(diakses

pada

tanggal

Februari

pukul 20.30 WIB)

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/454/jbptunikompp-gdl-albertuswi-22665-14unikom_a-l.pdf

http://prosiding.lppm.unisba.ac.id/index.php/sosial/article/viewFile/264/pdf (diakses

pada tanggal 19 Mei 2017 pukul 11.53 WIB)

http://aikamedia.com/2016/12/19/indikator-marketing-communication/ (diakses pada

tanggal 19 Mei 2017 pukul 12.18 WIB)

http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/10364/599/bab2.pdf?sequence=

(diakses pada tanggal 20 Mei 2017 pukul 12.37 WIB)

http://tukangteori.com/2016/03/teori-sosialisasi-dan-pembentukan-kepribadian.html

(diakses pada tanggal 22 Mei 2017 pukul 9.36 WIB)




DOI: https://doi.org/10.24821/jtks.v2i1.1817

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dwi Okta Renanda

Editorial Address:

Graduate School of the Indonesia Institute of the Arts Yogyakarta

Jalan Suryodiningratan 8 Yogyakarta 55143, Indonesia

Telp./Fax: 0274 419791 email: tatakelolasenijurnal@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Visitors